Anak Usaha Jasa Marga Terbitkan Obligasi Rp 1,5 Trilyun

Anak Usaha Jasa Marga Terbitkan Obligasi Rp 1,5 Trilyun (GATRA/Didi/HR02)

Jakarta, gatracom - Anak usaha Jasa Marga, PT Marga Lingkar Jakarta (MLJ) menerbitkan obligasi perdana untuk ruas tol JORR W2 Utara atau ruas Kebon Jeruk-Ulujami yang telah beroperasi penuh sejak 2014.

Direktur Utama MLJ Edwin Cahyadi mengatakan, Obligasi I Marga Lingkar Jakarta ini diterbitkan dengan nilai sebanyak-banyaknya Rp 1,5 trilyun yang dibagi ke dalam lima seri.

Adapun, kata Edwin, penerbitan obligasi yang mendapat rating IdAAAsF atau triple A structured finance dari PT Pemeringkat Efek Indonesia 90% untuk membayar utang dari sindikasi Bank Mandiri dan Bank DKI yang nilainya Rp 1,35 trilyun.

"Sebetulnya obligasi itu untuk bayar sindikasi kredit Bank Mandiri dan DKI," kata dia di Jakarta, Jumat (13/10). Edwin menyebutkan, kredit sindikasi yang nilainya Rp 1,35 trilyun, 90% dari Bank Mandiri dan 10% berasal dari Bank DKI.

Mengenai kupon obligasinya, Edwin memastikan setiap seri berbeda-beda, untuk seri A yang tenornya 3 tahun kuponnya 7,00%-7,75%, seri B yang tenornya 5 tahun dengan kupon 7,25%-8,00%, seri C yang tenornya 7 tahun dengan kupon 7,50%-8,35%, seri D yang tenornya 10 tahun kuponnya 7,75%-8,75%, dan seri E yang tenornya 12% kuponnya 8,00%-9,00%.

"Jadi penerbitan obligasi ini 90% untuk refinancing, 8% untuk cadangan bunga yang disimpan selama 12 bulan, dan 2% untuk modal kerja," jelasnya.

Sementara itu, Direktur MLJ Sri Nugroho mengatakan, alasan penerbitan obligasi pertama oleh MLJ juga dikarenakan ruas Tol JORR W2 Utara merupakan ruas tol yang strategis. Nugroho menyebutkan, ruas JORR W2 Utara memiliki konektivitas strategis dengan jalan tol dalam kota dan jalan tol penghubung Jabodetabek, seperti Jakarta-Tangerang, Sedyatmo, Jagorawi, serta Jakarta-Cikampek. "Sehingga pada saat kita selesai konstruksi prospek itu terbentuk, menjadikan pendapatan kita tinggi," tuturnya.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Nur Hidayat

Share this article