Pabrik baru PT Pusri (antaranews.com/yus4) Jakarta, GATRAnews - Pabrik Pusri 2B PT Pupuk Sriwidjaja Palembang anak usaha dari PT Pupuk Indonesia (Persero) sudah selesai dan siap beroperasi.
Industri Migas (ANTARA/Yudhi Mahatma/HR02) Jakarta, GATRAnews -- Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat harus segera menuntaskan revisi undang-undang minyak dan gas bumi (Migas) untuk mengatasi
Serikat Pekerja JICT berunjuk rasa beberapa waktu lalu (ANTARA/Hafidz Mubarak/HR02) Jakarta, GATRAnews - Ratusan pekerja PT Jakarta International Container Terminal (JICT) dilaporkan tidak akan
Bank Mandiri (GATRA/Agriana Ali/HR02) Jakarta, GATRAnews - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk terus berupaya memperkuat bisnis secara organik agar dapat membuka dan menggarap potensi pasar yang ada.
Ilustrasi (GATRAnews/AK9) Jakarta, GATRAnews - PT Waskita Beton Precast Tbk membukukan laba bersih sebesar Rp 436,4 milyar di semester I-2017 atau tumbuh 28% bila dibanding posisi sebesar Rp 341
Andrew Powel, Managing Director Bosch Indonesia (GATRAnews/Rosyid/adi3) Jakarta, GATRAnews - PT Robert Bosch (Bosch Indonesia)mencatat penjualan terkonsolidasi Rp 1,2 triliun (81 juta Euro) di
Direksi baru PT PLN, 24 Juli 2017 (Dok GATRAnews/IST) Jakarta, GATRAnews - Menteri BUMN Rini Mariani Soemarno merombak susunan direksi PT PLN Persero, sekaligus memecat tiga direktur lama. Hal

Jokowi: Yogyakarta Harus Fokus Kembangkan Industri Kreatif

Industri kecil menengah kreatif (GATRAnews/Agriana Ali)

Jakarta, GATRAnews - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sebagai daerah yang terkenal dengan sebutan kota pendidikan dan budaya, diyakini mampu menjadi tempat berkembang pesatnya industri jasa dan kreatif di dalamnya. Keyakinan inilah yang disampaikan Presiden saat menggelar rapat terbatas mengenai pelaksanaan proyek strategis nasional dan program prioritas di DIY.

Dalam arahannya, perkembangan perekonomian tiap-tiap daerah disebutnya tidaklah sama. Keunikan dan kondisi yang dimiliki masing-masing daerah memungkinkan rute pengembangan perekonomian daerah yang berbeda pula.

Bagi daerah yang kaya akan sumber daya alam, maka daerah tersebut memiliki potensi besar untuk mulai bergerak ke arah industri pengolahan. Sebaliknya, daerah harus berfokus pada pengembangan sektor industri berbasis jasa dan kreativitas.

"Daerah-daerah yang tidak memiliki sumber daya alam yang berlimpah, seperti Daerah Istimewa Yogyakarta, justru harus fokus untuk mengembangkan sektor industri yang berbasis nonsumber daya alam seperti industri jasa dan industri kreatif. Saya yakin di masa yang akan datang, sektor industri jasa dan industri kreatif juga akan bisa menghasilkan lompatan kemajuan bagi perekonomian daerah karena sektor ini lebih mengandalkan inovasi teknologi," ujar Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (20/4).

Oleh karenanya, Presiden Joko Widodo meminta pemerintah DIY untuk memberikan perhatian khusus pada pengembangan sektor industri tersebut. Presiden juga berpendapat bahwa kunci keberhasilan dari pengembangan industri jasa dan kreatif adalah keberanian untuk berinvestasi pada sumber daya manusia.

Hal tersebut tentunya dilakukan bersamaan dengan pembangunan infrastruktur yang juga gencar dilakukan. "Jadi, kita tidak hanya membangun infrastruktur fisik, tapi juga membangun infrastruktur sosial dan infrastruktur budaya," tuturnya. 


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Nur Hidayat

 

 

Share this article