Indonesia Butuh Banyak Tenaga Profesional Event

Tangerang, GATRAnews - Salah satu penopang industri pariwisata di Indonesia saat ini adalah penyelenggaraan event. Banyak event di beberapa kota menjadi salah satu motor penting, bahkan penggerak utama pengembangan pariwisata daerah.

Sayangnya, menurut pengajar prodi manajemen event Universitas Prasetiya Mulya, Peni Zulandari, saat ini belum ada sekolah tinggi di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan kesarjanaan strata satu di program ini.

“Yang banyak itu pendidikan vokasional setara diploma satu sampai empat, dan umumnya mendidik alumninya di bidang MICE (meetings, incentives, conference, and exhibitions). Padahal event itu tidak terbatas pada MICE”, jelasnya di sela acara Eventnesia yang diselenggarakan himpunan mahasiswa S1 Manajemen Event Universitas Prasetiya Mulya, Kamis,(23/3).

“Meskipun di Indonesia saat ini event masih mengambil porsi yang kecil dibanding wisata alam, namun kami percaya ke depannya akan terus meningkat. Khususnya di beberapa daerah di Indonesia, event mengambil peran besar mengangkat nama daerah dan pertumbuhan wisata setempat," sambungnya.


Reporter: Wanto
Editor: Nur Hidayat

Share this article