Sri Mulyani Bangga dengan Kualitas "Kartini"

Sri Mulyani (Dok. GATRAnews)
Sri Mulyani (Dok. GATRAnews)

Jakarta, GATRAnews - Setelah mendapat sambutan yang positif dari Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, kini giliran Menteri Keuangan Sri Mulyani yang memberikan tanggapan serupa terhadap film Kartini. Saat menghadiri pemutaran perdana dari karya layar lebar produksi Legacy Pictures tersebut di Metropole XXI, Jakarta Pusat, Rabu (12/4) malam, Sri Mulyani mengaku merasa bangga.



"Secara pribadi saya sangat bangga dengan kualitas filmnya. Terkesan lewat para pemerannya yang luar biasa membawakan cerita. Saya bahagia ada yang membuat layar lebar tentang tokoh Indonesia untuk generasi sekarang dimana kita sangat haus dengan figur-figur seperti Kartini," ucap Sri Mulyani.

"Saya bangga jadi orang Indonesia, negara yang melahirkan sosok luar biasa seperti Kartini," Sri Mulyani, menambahkan.

Sri Mulyani menjelaskan, misi yang diperjuangkan Kartini masih relevan hingga saat ini, lewat film tersebut seakan kembali diingatkan kalau "pekerjaan rumah" itu masih di pundak kita saat ini. "Tentu kita pernah baca tentang Kartini dulu di sekolah dan memperingatinya dengan simbol baju daerah. Tapi masih sedikit yang mengenal pemikirannya. Ini bukan hanya tentang kesamaan hak tapi jauh lebih dalam mulai dari agama, membangun ekonomi rakyat miskin dan sebagainya. Film Kartini membuatnya menjadi semakin hidup dan merasa sosoknya ada di antara kita sekarang," paparnya.

Saat disinggung apakah dirinya sempat menangis melihat perjuangan Kartini ketika menonton filmnya, Sri Mulyani menjawab, "Nangis lah kalau nggak nangis bukan manusia menurut saya. Jika harus menilai film ini dari 0 sampai 10, saya kasih 10 karena saya memang sangat suka film tersebut."

Film arahan Hanung Bramantyo ini mengisahkan perjuangan pahlawan emansipasi wanita Kartini, untuk melawan takdir yang sangat diinginkan ibu kandungnya yaitu menjadi seorang Raden Ayu.
 
Kartini, dilakoni oleh sejumlah pemain film kondang Tanah Air, yakni Christine Hakim, Deddy Sutomo, Dian Sastrowardoyo, Ayushita Nugroho, Denny Sumargo, Djenar Maesa Ayu, Dwi Sasono, Reza Rahadian, Adinia Wirasti, dan Nova Eliza ini, dan tayang di bioskop pada 19 April 2017



Editor: Edward Luhukay

Share this article