"The Boss Baby", Ketika Bayi Lucu Ingin Memimpin Perusahaan

Salah Satu Adegan Film The Boss Baby (DreamWorks Animati)
Salah Satu Adegan Film The Boss Baby (DreamWorks Animati)

Jakarta, GATRAnews - Kehadiran seorang bayi biasanya disambut gembira oleh keluarga. Namun, apa jadinya jika seorang bayi justru menjadi musuh bagi saudaranya. Hal inilah yang dialami Timothy Templeton (Tobey Maguire) di film animasi The Boss Baby. Film komedi keluarga ini mengisahkan tentang keluarga Templeton yang mengalami perubahan besar saat kehadiran seorang bayi.



Dalam film Timothy, menceritakan kembali pengalamannya saat berusia tujuh tahun. Timothy kecil (Miles Christopher Bakshi) memiliki kehidupan yang menyenangkan bersama ke dua orang tuanya, Ted Templeton (Jimmy Kimmel), dan Janice Templeton (Lisa Kudrow). Tim berharap akan terus hidup bertiga bersama orangtuanya, sampai suatu saat dia melihat seorang bayi (Alec Baldwin) mengenakan setelan jas turun dari taxi di depan rumah nya.

Ted dan Janice memperkenalkan bayi itu kepada Tim sebagai adik laki-laki barunya. Tim merasa sedih atas kehadiran bayi itu, sebab semua perhatian orangtuanya hanya tertuju pada si bayi.

Suatu ketika, Tim menyadari hal yang aneh pada bayi itu. Tim pun meyakinkan orangtuanya bahwa bayi itu tidak lah normal, namun Tim malah dihukum sampai dia bisa akur dengan si bayi.

Tak lama, Tim pun mempelajari keanehan si bayi, sampai dia mendengar sendiri bahwa si bayi bisa berbicara seperti orang dewasa. Sadar dirinya sudah ketahuan, si bayi pun memperkenalkan diri sebagai The Boss Baby, seorang pemimpin di sebuah perusahaan.

Setelah mengobrol panjang lebar dengan The Boss Baby, Tim berencana untuk merekam segala keanehan si bayi termasuk pertemuan antar bayi yang dilakukan di rumah nya. Setelah berhasil merekam percakapan para bayi itu, Tim pun ingin menunjukkan bukti rekaman itu kepada Ted dan Janice. Namun, si bayi berhasil menyudutkan Tim lewat ancaman akan merusak boneka kesayangan Tim, Lam-Lam jika Tim menyerahkan kaset rekaman itu kepada orangtuanya.

Waktu berlalu, akhirnya The Boss Baby mengajak Tim mengenali pekerjaannya. Sang bayi memberikan dot kepada Tim, dan secara ajaib setelah ke duanya menghisap dot itu, mereka pergi ke sebuah perusahaan bernama Baby Corp. Perusahaan itu berisi para bayi yang memiliki fikiran dewasa bekerja untuk melayani bayi di seluruh dunia. Saat itu terungkap, bahwa Boss Baby memilki misi khusus untuk meneliti kenapa anak anjing lebih disukai dari pada bayi.

Dia ditugaskan datang ke keluarga Tim karena orangtua Tim bekerja di sebuah perusahaan bernama Puppy Co. Suatu saat, orangtua Tim mendapatkan undangan dari Puppy Co untuk mengajak serta anak mereka datanf ke Puppy Co.

The Boss Baby menganggap ini sebagai kesempatan untuk meneliti tentang anak anjing. Dia juga menjelaskan bahwa dia akan terus menjadi bayi jenius selama meminum formula khusus, formula ini membuat bayi bisa memiliki kecerdasan seperti orang dewasa.

Namun, saat bayi itu tidak meminum formula khusus, dia akan kembali menjadi bayi normal. The Boss Baby berharap bisa mendapat kenaikan jabatan setelah menemukan rahasia tentang anak anjing.

Tim dan Boss Baby pun berkunjung ke Puppy Co, dan menyelinap ke ruang rahasia untuk mencuri data tentang penelitian yang dilakukan CEO Puppy Co, Francis E. Francis (Steve Buscemi) tentang anak anjing yang tidak akan bisa dewasa, bernama Forever Puppy.

Namun, itu hanya lah perangkap yang diatur Francis untuk mendapatkan formula khusus milik Baby Boss. Francis mengungkapkan bahwa dirinya pernah menjadi pemimpin di perusahaan Baby Corp, dia lah yang selama ini didolai, dan menjadi inspirasi bagi Boss Baby.

Francis dipecat dari Baby Corp karena diketahui mengidap intoleransi laktosa, yang membuatnya alergi terhadap susu. Untuk balas dendam, Francis mendirikan Puppy Co, dan berencana untuk membuat Forever Puppy jadi lebih disayangi dari pada bayi.

Francis pun mengutus saudaranya bernama Eugene (Conrad Vernon) untuk menjaga Tim dan Boss Baby, sementara dia bersama ke dua orangtua Tim, pergi ke Las Vegas untuk merilis Forever Puppy.

Karena tidak mengonsumsi serum khusus, Boss Baby harus siaga karena setiap saat dia akan kembali lagi menjadi bayi normal. Dia pun merencanakan taktik untuk melarikan diri dari Eugene.

Mereka akhirnya berhasil kabur dan mengejar Francis menggunakan sepeda, sementara Eugene mengejar mereka dari belakang menuju bandara. Sayangnya, sampai di bandara, pesawat yang ditumpangi Francis pun sudah terbang.

Beruntung, Boss Baby menemukan taktik untuk mengejar pesawat itu ke Las Vegas dengan menyamar sebagai anggota rombongan penggemar Elvis Presley yang hendak menuju Las Vegas.

Sampai di Vegas, mereka berhadapan dengan Francis, yang sebelumnya telah mengunci Ted dan Janice dalam sebuah kotak untuk diterbangkan bersama roket yang berisi ribuan anak anjing Forever Puppy.

Tim dan Boss Baby berkelahi dengan Francis, sampai akhirnya berhasil menjatuhkan Francis ke dalam kolam berisi formula khusus milik Boss Baby. Boss Baby memutuskan untuk loncat ke roket dan menekan tombol pintu agar bisa melepaskan ribuan anak anjing dan menyelamatkan orangtua Tim.

Sayangnya, saat di atas roket, Boss Baby kehilangan kesadaran dan berubah menjadi bayi normal. Tim berusaha menyelamatkan Boss Baby sebelum roket meluncur, namun si bayi ketakutan, hingga akhirnya dia menyanyikan lagu kesukaannya dan berhasil meyakinkan si bayi untuk loncat dari roket.

Sementara, Francis yang jatuh ke kolam formula, berubah kembali menjadi bayi dan akan menyerang Tim dan Boss Baby. Beruntung Eugene datang dan berniat untuk mengasuh Francis secara benar, agar tidak menjadi pendendam seperti sebelumnya.

Setelah petualangan itu, Boss Baby mendapatkan promosi jabatan, dan Tim kembali ke keluarganya. Namun, ke duanya rupanya saling merindukan. Tim menulis surat kepada Boss Baby yang berisi penawaran untuk menjadikan Boss Baby adik nya.

Boss Baby membaca surat itu, dan memutuskan keluar dari kantor, menjadi bayi normal bernama Theodore Lindsey Templeton.

Film ini diputar perdana di Miami Film Festival pada 12 Maret 2017, dan kemudian diputar di Amerika Serikat serta seluruh dunia mulai 31 Maret 2017. Film ini berhasil meraup keuntungan sebesar 291 juta dolar AS. The Boss Baby masih diputar di Indonesia dan negara Asia lainnya sampai akhir April 2017.



Reporter: Rizaldi Abror
Editor: Edward Luhukay

Share this article