Saksi Kubu Anies-Sandi Tetap Tolak Berliana Nyoblos

Jakarta, GATRAnews - Saksi dari pasangan calon gubernur dan wakil gubernur (paslon cagub-cawagub) DKI Jakarta nomor urut 3 Anies-Sandi tetap menolak Berliana Sitorus untuk menyalurkan hak suaranya di TPS 17 Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, karena hanya berbekal KTP lama atau bukan e-KTP.



"Saksi nomor tiga tetap masih keberatan, dan suruh sampaikan keberatan mereka di laporan keberatan. Tapi tetap keberatan yang saksi paslon nomor tiga," kata Wiwin Twinarti, Ketua Penyelenggara Pemungutan Suara (PPS) di TPS 17, Jakarta Pusat, Rabu (19/4).

Wiwin mengungkapkan, Berliana sudah melakukan pencoblosan. Dia kembali ke TPS 17 setelah sejumlah warga mengusirnya dan menuduh sebagai pemilih bayaran karena hanya berbekal KTP lama.

"Jadi warga tersebut dia mau memilih di TPS ini [17], tapi nama dia sudah terdaftar di DPT [Daftar Pemilih Tetap], tapi dia punya KTP-nya belum elektronik. Jadi saksi paslon 2 dan 3 mereka tidak izinkan untuk memilih dengan alasan KTP-nya belum elektronik," katanya.

Berliana kembali ke TPS 17 sekitar pukul 10.30 WIB. "Warga tadi pulang, kemudian dia kembali lagi sekitar jam 10.30. KPPS-nya telepon saya kembali apakah dia masih berhak memilih atau tidak," katanya.

Wiwin menyampaikan kepada petugas KPPS agar membolehkan Berliana menggunakan hak pilihnya. "Kalau menurut aturan, berdasrkan DPT itu, selama orang itu masuk dalam DPT, dia berhak untuk memilih," tandasnya.


Reporter: Iwan Sutiawan

Last modified on 19/04/2017

Share this article

Tagged under

K2_AUTHOR