Menlu: Bantuan untuk Rohingya Tahap Berikutnya sudah Dipersiapkan

Prajurit TNI Angkatan Udara memasukkan bantuan kemanusiaan Rohingya (Antara/Rosa Panggabean/yus4)

Jakarta, GATRAnews - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan bantuan kemanusian yang dilepas Presiden Joko Widodo merupakan tahap pertama untuk pengungsi Rohingya yang saat ini berada di Bangladesh dan bantuan selanjutnya sudah dipersiapkan pemerintah.

"Presiden tadi sudah menyampaikan bahwa ini tahap pertama, akan ada tahap-tahap berikutnya," kata Retno di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta, Rabu (13/9). Menurut Retno tahap selanjutnya sudah dipersiapkan dan akan disiapkan terus-menerus oleh tim Indonesia yang ada di kamp pengungsian. "Sambil mempersiapkan pemberangkatan tahap pertama ini juga dilakukanassesment dan persiapan terus kita lakukan," lanjut Retno. 

Bantuan tahap pertama berupa beras, bantuan makanan siap saji, family kit, tenda pengungsi, tangki air, pakaian anak serta selimut, merupakan barang-barang yang sangat dibutuhkan oleh para pengungsi.

"Barang-barang ini kita dahulukan karena yang paling diperlukan saat ini termasuk tenda, karena masalah shelter adalah merupakan tantangan yang paling utama, termasuk tantangan paling utama bagi para pengungsi," ucapnya.


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Nur Hidayat

Last modified on 13/09/2017

Share this article

K2_AUTHOR