Pengusaha Rela Pinjami Sutan Rp 7,5 M Tanpa Kompensasi?

Jakarta, GATRAnews - Ventje Rumangkang mengklaim bahwa Bahtiar Salim, pemilik Mal Tomang Plaza mau meminjamkan uang sejumlah Rp 7,5 milyar kepada Sutan Bhatoegana meski tidak ada kompensasi apapun yang didapat pengusaha tersebut.

 

"Enggak (ada kompensasi yang diberikan Sutan Bhatoegana kepada Bahtiar-Red.)," kata Ventje, pendiri Partai Demokrat di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Jumat malam (28/11).

 

Ventje menyampaikan pengakuan tersebut usai menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk Sutan Bhatoegana, mantan Ketua Komisi VII DPR RI yang menjadi tersangka kasus dugaan korupsi atas penerimaan hadiah atau janji terkait pembahasan APBN-P 2013 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

 

Sebelum mendapatkan dana pinjaman dari Bahtiar sejumlah Rp 7,5 milyar, Sutan awalnya ingin meminjam uang kepada Ventje, namun karena tidak mempunyai dana, Vantje pun tidak bisa meminjaminya.

 

"Mula-mula dia (Sutan) mau pinjam sama saya, saya bilang, gak bisa," ucap Ventje. Kemudian Sutan pun memintanya untuk mencarikan teman yang bisa meminjaminkan uang.

 

Ventje pun lalu memperkenalkan Sutan dengan Bahtiar. "Tolong carikan temen yang bisa bantu, saya cari temen. Kebetulan Sutan suka di tv, orang itu juga tahu di tv. Jadi atas dasar jaminan saya itu diberikan," tuturnya.

 

Pengakuan Ventje bahwa Bahtiar tidak mendapatkan kompensasi apapun atas uang yang dipinjamkan kepada Sutan sejumlah Rp 7,5 milyar itu terkesan janggal, mengingat uang yang dipinjamkan itu cukup besar.

 

Namun Ventje berdalih Bahtiar rela meminjami Sutan tanpa kompensasi apapun karena dia melihatnya. "Soalnya dia sahabat saya. Jadi atas dasar persahabatan. Memang KPK juga 'masa ini uang Rp 7,5 milyar tidak ada jaminan' karena nama saya yang menjamin," dalihnya.


 

Penulis : Iwan Sutiawan

Editor : Dani Hamdani

Share this article