Rasa Gatal dan Menguap Menular Secara Sosial

Perilaku menular tikus (Washington University School of Medicine)Jakarta GATRAnews -- Beberapa perilaku - misalnya, menguap dan menggaruk- menular secara sosial. Artinya, jika satu orang melakukannya, orang lain cenderung mengikutinya. Para peneliti di Washington University School of Medicine, St Louis, Amerika, menemukan bahwa rasa gatal menular secara sosial merupakan bawaan di dalam otak.

Mempelajari tikus, para ilmuwan mengidentifikasi apa yang terjadi di otak ketika tikus merasa gatal setelah melihat tikus lain. Penemuan ini dapat membantu para ilmuwan memahami sirkuit saraf yang mengontrol perilaku menular secara sosial.

Studi ini dipublikasikan jurnal Science, 10 Maret lalu. "Gatal sangat menular," kata peneliti utama Zhou-Feng Chen, PhD, direktur Washington University Center untuk Studi Itch. "Kadang-kadang bahkan menyebutkan gatal akan membuat seseorang merasakannya. Banyak orang pikir itu semua dalam pikiran, tetapi penelitian kami menunjukkan itu adalah perilaku tertanam, dan bukan merupakan bentuk empati," katanya.

Untuk studi ini, tim Chen menempatkan mouse di kandang dengan layar komputer. Para peneliti kemudian memainkan video yang menunjukkan tikus lain menggaruk. "Dalam beberapa detik, mouse di kandang juga akan mulai menggaruk," kata Chen. "Ini sangat mengejutkan karena tikus dikenal memiliki visi yang miskin. Mereka menggunakan aroma dan sentuhan untuk menjelajahi daerah, jadi kami tidak tahu apakah tikus akan melihat video. Tidak hanya melihat video, tetapi bisa tahu bahwa tikus di video itu menggaruk," katanya.

Selanjutnya, para peneliti mengidentifikasi struktur yang disebut suprachiasmatic nucleus (SCN), suatu wilayah otak yang mengontrol ketika hewan tertidur atau bangun. SCN sangat aktif setelah tikus menonton video tikus menggaruk.

Ketika tikus melihat tikus lain menggaruk  bagian otak SCN akan melepaskan zat kimia yang disebut GRP (gastrin-releasing peptide). Pada 2007, tim Chen mengidentifikasi GRP sebagai pemancar utama sinyal gatal antara kulit dan sumsum tulang belakang.

Tim Chen juga menggunakan berbagai metode untuk memblokir GRP atau mengikat reseptor pada neuron. Tikus yang GRP atau reseptor GRP diblokir di wilayah SCN otak, tidak menggaruk ketika mereka melihat tikus lain menggaruk. Namun, mereka mempertahankan kemampuan menggaruk bila terkena gatal karena kontaminasi zat.

Chen percaya perilaku gatal menular pada tikus adalah sesuatu yang binatang tidak bisa mengendalikannya. "Ini adalah perilaku bawaan dan insting," katanya. "Kami sudah mampu menunjukkan bahwa bahan kimia tunggal dan reseptor tunggal semua yang diperlukan untuk menengahi perilaku tertentu. Lain kali Anda menggaruk atau menguap dalam menanggapi orang lain yang melakukannya. Ingat itu benar-benar tidak ada pilihan maupun tanggapan psikologis. Itu bawaan di dalam otak Anda!" tegasnya.