Astronom Menemukan Planet Paling Berpotensi Layak Huni

Penampakan bintang induk LHS 1140 dari planet. (ESA)Jakarta GATRAnews - Planet cadas super bumi ditemukan transit di depan sebuah bintang kecil yang berjarak sekitar 39 tahun cahaya dari Bumi. Planet itu berukuran sekitar 1,4 kali lebih besar dari Bumi, namun lebih dari tujuh kali lebih berat. Ini menunjukkan bahwa planet itu terbuat dari batu dengan inti besi padat. Demikian Daylimail 19 April 2107.

Bumi super ini, yang dijuluki LHS 1140b, mungkin merupakan kandidat terbaik astronom dalam pencarian kehidupan alien, demikian klaim para peneliti. Agar kehidupan asing ada di planet, dia harus memiliki air cair di permukaan, dan mempertahankan atmosfer.

Ketika bintang kerdil merah masih muda, mereka diketahui memancarkan radiasi yang bisa merusak atmosfer planet-planet yang mengorbitnya. Dalam hal ini, planet berukuran besar bisa menjadi samudra magma di permukaannya selama jutaan tahun.

Lautan lava yang mendidih ini bisa memberi makan uap ke atmosfer, setelah bintang tersebut tenang dan mantap, uap itu mengisi kembali planet dengan air. "Sistem LHS 1140 mungkin terbukti menjadi target yang lebih penting untuk karakterisasi planet di zona layak huni di masa depan daripada Proxima b atau TRAPPIST-1," kata dua anggota tim internasional, Drs Xavier Delfosse dan Xavier Bonfils.

"Ini merupakan tahun yang luar biasa bagi penemuan planet ekstrasurya!" katanya. Para peneliti mengusulkan bahwa LHS 1140b mungkin terbentuk dengan cara yang mirip dengan Bumi.

Mereka menyarankan bahwa ukuran kecil bintang induk dan kedekatannya dengan kita berarti bahwa teleskop mungkin dapat mencari gas spesifik di atmosfer planet itu. LHS 1140b mengorbit di daerah yang layak huni di sekitar bintang kerdil merah samar bernama LHS 1140. Zona layak huni adalah rentang orbit di sekitar sebuah bintang di mana sebuah planet dapat mendukung air cair.

Fasilitas teleskop pelacak planet LHS 1140b (Jonathan Irwin)

Kurcaci merah jauh lebih kecil dan lebih dingin dari Matahari dan, meskipun LHS 1140b sepuluh kali lebih dekat ke bintangnya daripada Bumi ke Matahari, ia hanya menerima sekitar setengah sinar matahari dari bintangnya seperti Bumi. Planet eksoplanet itu terletak di tengah zona layak huni bintang, yang berarti memiliki banyak kondisi yang dibutuhkan untuk menumbuhkan kehidupan alien.

"Ini adalah planet ekstrasurya paling menarik yang pernah saya lihat dalam dekade terakhir," kata penulis utama Dr Jason Dittmann dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics di Cambridge, Massachusetts.

"Kondisi sekarang dari kurcaci merah sangat baik - LHS 1140 berputar lebih lambat dan memancarkan radiasi dengan energi lebih rendah daripada bintang massa rendah lainnya," jelas anggota tim Dr Nicola Astudillo-Defru dari Observatorium Jenewa, Swiss.

Penemuan itu awalnya dibuat dengan susunan delapan teleskop otonom di fasilitas UKarth Universitas Harvard di observatorium Cerro Tololo di dekat La Serena, Chile. Pencitraan jarak jauh dari teleskop MEarth-South, yang membantu menemukan planet ekstrasurya LHS 1140b. Planet beriklim sedang dan berbatu di wilayah yang dapat dihuni atau 'zona Goldilocks' di sekitar bintang kerdil merah samar bernama LHS 1140.

Orbitnya menghalangi sedikit cahaya setiap 25 hari. Observasi lanjutan dari fasilitas teleskop di seluruh dunia telah mengkonfirmasi keberadaannya. Di masa depan, pengamatan dengan Teleskop Antariksa NASA Hubble akan menilai dengan tepat berapa banyak radiasi berenergi tinggi dihirup pada LHS 1140b. Energi tinggi ini seperti yang berasal dari matahari pada Bumi. Pada akhirnya dapat menentukan kemampuan planet ini untuk mendukung kehidupan.