33 Desa Terpencil di Sulbar dan Papua Berubah Menjadi Desa Digital

Kerja sama antara Vihaan Networks Limited (VNL) dan penyedia layanan satelit Matra Mandiri Prima (MMP) untuk pengembangan Desa Digital. (GATRA/Abdul Rozak/FT02))

Jakarta, Gatracom - Sebanyak 33 desa terpencil di Provinsi Papua dan Sulawesi Barat (Sulbar) disulap menjadi desa digital melalui Proyek VNL. Desa digital ini merupakan kerja sama antara Vihaan Networks Limited (VNL) dan penyediaan layanan satelit Matra Mandiri Prima (MMP).


Kepala Pendiri VNL Rajiv Mehotra menuturkan keberhasilan desa digital sebagai awal untuk menyediakan konektivitas bagi 15.000 orang melalui Proyek VNL di Indonesia. VNL merupakan perusahaan penyedia peralatan dan telekomunikasi berbasis di India. 

"Sudah 33 desa terpencil telah menjadi desa digital di Papua dan Sulawesi Barat. Meski tergolong kecil namun cukup signifikan untuk menjembatani kesenjangan digital di Indonesia," ungkap Rajiv dalam keterangan tertulis, Kamis (7/12).

Desa digital yang digarap oleh VNL dan MMP dengan memberikan pertumbuhan Information and Communications Technology (ICT) dengan menghadirkan konektivitas selular dan broadband ke wilayah pedesaan dan daerah terpencil.

Sama dengan India, kata Rajiv, Indonesia saat ini sedang berusaha menyediakan jaringan untuk penduduk pedesaan dan daerah terpencil. Diperkirakan lebih dari 8.000 desa di Indonesia masih terbengkalai dengan jaringan.

"VNL juga bekerja sama dengan Bakti, sebuah Universal Service Fund, untuk mewujudkan impian di Indonesia. Di India, VNL berhasil menata jaringan seluler terbesar yang ramah lingkungan berdampak pada 22.000 desa," sambung Rajiv.


Reporter: Abdul Rozak
Editor: Arief Prasetyo

Share this article