Jet AS Bom Masjid Penuh Jamaah

Aleppo, GATRAnews - Militer Amerika Serikat mengakui melakukan serangan udara menyerang pertemuan Al Qaeda di utara Suriah. Serangan ini ternyat menyebabkan lebih dari 40 warga sipil tewas saat masjid terkena serangan udara. Amerika Serikat bernjanji melakukan investigasi.

Pesawat-pesawat jet tempur AS menyerang desa Al Jina, di propinsi Aleppo, Kamis malam saat warga sedang sholat berjamaah di masjid.  Menurut warga setempat yang dikutip Al Jazeera, lebih dari 300 orang berada didalam masjid saat serangan terjadi.

Al Jina terletak di kawasan yang dikuasi pemberontak di Suriah, yang menghubungkan propinsi Aleppo dan tetangganya, Idlib. populasi dikawsan itu membengkak karena menerima banyak pengungsi.

Pusat Komando Amerika Serikat (AS) atau CENTCOM mengakui melakukan serangan udara tapi tidak menyasar masjid. Namun pertemuan anggota Al Qaeda di Idlib. Rupanya serangan itu meleset karena pertemuaan itu dilakukan 15 meter dari mesjid. Militer Amerika Serikat mengatakan masjid masih berdiri.

Dalam pernyataannya Centcom mengatakan."Militer AS melakukan serangan udara terhadap pertemuan al Qaeda Syria  di Idlib, 16 Maret, membunuh beberapa teroris."

Kolonel John Thomas, jurubicara Centcom mengatakan, "kami tidak menargetkan masjid, tapi gedung dimana pertemuan berlangsung, sekitar 15 meter dari masjid" katanya kepada Al Jazeera, Jumat (17/3). Namun lokasi persis serangan tidak diungkap.

Diperkirakan masih banyak korban yang terperangkap di puing-puing dibawah masjid. Menurut Idlib Press Centre, korban sedikitnya 50 orang tewas.

Perang di Syria memasukai tahun ketujuh pada hari Rabu kemarin. Awalnya hanya demo-demo damai menentang pemerintahan Bashar al-Assad pada Maret 2011. Namun kemudian mengalami eskalasi yang menyebabkan ribuan orang tewas dan jutaan orang mengungsi.



Editor: Rosyid

Share this article