Dramatis, Bayi 5,4 Kg lahir Normal di Puskesma Cilacap

Bayi Besar (GATRAnews/Ridlo Susanto/AR7)

Cilacap, GATRAnews – Seorang ibu bertubuh mungil, tinggi 148 cm melahirkan bayi raksasa 5,4 kg dengan persalinan normal yang dramatis. Bayi laki-laki itu adalah putra pasangan Fitriyah (28) dan Muhamad Nurkholis (28), warga Desa Cilempuyang RT 3/5 Kecamatan Cimanggu itu lahir sekira 3 jam setelah dibawa ke Puskesmas Cimanggu. Bayi ini dilahirkan pada Senin malam (31/8) pukul 22.55 WIB.

Kepala Ruang Bidan Puskesmas Cimanggu I, Dwi Atikah mengatakan tim medis yang menangani persalinan tak menyangka bayi yang dilahirkan Fitriyah berukuran raksasa. Pasalnya bukaan pinggang saat persalinan maksimal adalah 34. Diperkirakan, bayi akan lahir dengan bobot 3,66 kilogram.

Apalagi, kata Dwi, ketika datang, keluarga tersebut menyertakan hasil pemeriksaan Ultra Sonography (USG) 2 pekan sebelum melahirkan yang menunjukkan bahwa perkiraan bayi lahir tak lebih dari 3,6 kilogram. “Ya karena kita sendiri tidak menyangka bayinya sebesar itu,” ujarnya, Jumat (4/8).

Dokter Puskesmas 1 Cimanggu, dr. Yani Amaroh mengatakan, dalam proses persalinan pihaknya sempat mengalami kesulitan untuk membantu si ibu melahirkan dengan persalinan normal. Pasalnya, tubuh bayi yang besar sulit untuk keluar atau dalam istilah kedokteran disebut distosia bahu. “Bahunya tertahan karena ukuran tubuhnya memang sudah besar,” kata Yani.

Tim medis, kata Yani, akhirnya memutuskan untuk menerapkan teknik Mr Robert, atau mengangkat kaki si ibu ke atas badan ibu. “Posisi distosia bahu hanya beberapa saat. Kurang dari lima menit lah, setelah itu bayi bisa dilahirkan. Setelah lahir, bayi sehat. Langsung menangis,” jelasnya.

Yani menjelaskan, normalnya bayi lahir berbobot antara 2,5 hingga 4,2 kg. Dengan demikian bayi ini masuk kategori "giant baby" atau bayi raksasa. "Ini termasuk ‘giant baby’ atau bayi raksasa," pungkasnya.



Reporter: Ridlo Susanto
Editor: Rosyid

Share this article