Wanita dengan Rahim Cangkok Melahirkan

Ilustrasi.

Dallas, Gatra.com - Untuk pertamakalinya di Amerika Serikat, wanita yang menjalani cangkok rahim bisa hamil dan melahirkan bayi sehat.  Rumah sakit Dallas tidak mengungkapkan jenis kelamin, tanggal lahir dan berat bayi itu. Kabar ini dikonfirmasi jurubicara Baylor University Medical Center. 

 

Ibu yang melahirkan itu ingin tetap tidak dikenal, kata Craig Civale jurubicara Baylor dan Baylor Scott & White Research Institute seperti ditulis Japan Today, Rabu (6/12). Kelahiran dari wanita dengan rahim cangkok sebelumnya sudah dilaporkan  Shahlgrenska University Hospital di Gothenburg, Swedia.   

 

Dr Liza Johannesson, dokter bedah cangkok di Baylor yang juga menjadi anggota tim operasi cangkok rahim pertamakali di Swedia mengatakan pada Time Magazine bahwa para dokter bedah senior menangis saat bayi itu lahir. 

 

Rahim itu berasal dari seorang perawat  berusia 36 tahun, ibu dua anak. Program transplantasi di Baylor  berlangsung sejak tahun lalu. Butuh waktu lima jama operasi untuk melepas rahim sehat dari tubuh seorang wanita dan lima jam lagi untuk memasangnya di tubuh wanita yang sebelumnya tidak mungkin hamil. 

 

Sudah delapan wanita yang menjalani operasi cangkok rahim, tiga diantaranya gagal. Dari yang tersisa, satu wanita sedang hamil saat ini.

 

Kelahiran bayi dari wanita yang dicangkok rahimnya pertamakali pada September 2014. Wanita berusia 35 tahun melahirkan setelah mendapat rahim dari nenek berusia 61 tahun.

 

Wanita dengan rahim cangkok hanya bisa hamil dengan metode byi tabung karena ovarium  tidak terkoneksi dengan rahim cangkok.


 

Editor: Rosyid

Share this article