Makanan Tradisional Boleh Dikonsumsi Bayi 6 Bulan ke Atas

Ilustrasi daun singkong (kaskus.co.id/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Makanan yang biasa dikonsumsi para ibu boleh diberikan kepada bayi berusia enam bulan ke atas. Termasuk di dalamnya makanan-makanan tradisional Indonesia yang kita kenal.


Dokter spesialis anak sub-spesialis nutrisi dan penyakit metabolik Damayanti R. Sjarif menuturkan makanan itu sebagai makanan pendamping ASI (MPASI). Dengan catatan makanan itu memiliki tekstur halus.

"Jadi makanan tradisional kita yang biasa dimakan ibunya, bisa untuk bayi asal tekstur makanan itu halus," ungkap Damayanti dalam acara Philips Avent di kawasan Jakarta Pusat, Senin (31/7) kemarin.

Damayanti mencontohkan gulai daun singkong tumbuk yang dicampur ikan teri dan perasan air jeruk dari Sumatera Utara. Makanan itu memiliki kandungan zat yang dibutuhkan oleh anak.

Dalam gulai daun singkong tumbuk, sambung Damayanti, sangat kaya dengan zat besi. Karena kebutuhan harian zat besi bayi usia 6-12 bulan mencapai 11 mg dan tidak bisa dipenuhi dengan ASI.

"Prinsip MPASI adalah mengenalkan makanan keluarga dengan tekstur yang disesuaikan kemampuan oromotornya. Jadi perkenalkan makanan Indonesia yang sehat sesuai dengan ketersediaan bahan lokal," lanjutnya.


Reporter: Abdul Rozak
Editor: Arief Prasetyo

Share this article