Di Musim Penghujan, Perlu Vaksinasi Flu

Jumpa pers tentang influenza yang digelar di Hotel Aryaduta, Jakarta. (Dok. GATRA/FT02)

Jakarta, Gatra.com- Musim hujan telah tiba. Cuaca yang dingin dan hujan yang sering turun bisa membuat stamina menurun. Akibatnya berbagai penyakit bisa muncul, termasuk influensa. Untuk itu, vaksinasi flu sangat diperlukan.

 

Prof dr Cissy Kartasasmita, dokter anak pada Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung, mengatakan bahwa seseorang yang batuk memercikan partikel ludah yang berdiameter 5-10 mikrometer ke udara. “Partikel itu bisa masuk ke saluran napas orang lain,” ujarnya dalam jumpa pers yang digelar di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, 14/11/217). Sedangkan yang berukuran lebih dari 10 mikrometer dapat langsung masuk ke hidung atau mulut.

 

Menurut Cissy, setiap orang (termasuk yang sehat) dapat terkena influenza dan komplikasi dapat terjadi terutama pada kelompok beresiko tinggi, anak-anak, usia lanjut (di atas 65 tahun), individu dengan penyakit kronik, ibu hamil. Komplikasi akibat influenza dapat berupa radang paru, infeksi telinga, infeksi sinus dan perburukan kondisi medis seperti gagal jantung kongestif, asma atau diabetes. Kematian dapat terjadi akibat komplikasi influenza.

 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), diperkirakan terdapat 500.000 kematian akibat influenza terjadi setiap tahun. Dilaporkan telah terjadi 157 kematian akibat penyakit influenza sejak Mei sampai Juli 2017. Di Australia misalnya, sampai Agustus lalu, lebih dari 70.000 kasus influenza di sana. Angka tersebut boleh dibilang kasus terbesar di negeri Kangguru.

 

Tidak sedikit yang menjadi korban adalah anak-anak. Serangan pada anak-anak, lanjut Cissy, biasanya berlangsung lebih lama. Komplikasi yang paling sering terjadi biasanya berupa sinusitis (radang pada sinus), bronkitis (radang pada bronkus di paru), dan pneumonia (radang paru).

Untuk itu, Prof Samsuridjal Djauzi, imunolog pada Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia memandang perlu vaksinasi untuk mencegah merebak wabah flu. Di sejumlah negara seperti di Korea Selatan, Jepang, Australia, dan Hong Kong, vaksinasi flu sudah digalakkan.



Editor: Aries Kelana

 

 



Share this article