Kemenkes Apresiasi Peran Serta Lintas Sektor Mencegah Kanker

 

Kemenkes memberikan penghargaan kepada kementerian dan lembaga (Dok. Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes)

Jakarta,Gatra.com- Dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Kementerian Kesehatan memberikan penghargaan kepada sejumlah lembaga dan kementerian. Penganugerahan tersebut dilakukan pada Jumat (24/11) di Auditorium Siwabessy.

 

Kementerian dalam negeri dan kementeria BUMN menjadi diantara mereka yang meraih penghargaan tersebut. Kementerian Dalam Negeri dinilai  mampu menjadi penggerak bagi organisasi pemerintah dalam melaksanakan deteksi dini atas penyakit kanker serviks. 

“Tahun ini, kegiatan deteksi dini kanker serviks telah dilaksanakan oleh seluruh kementerian dan lembaga serta satuan kerja perangkat daerah bersama Dharma Wanita di seluruh Indonesia. Jumlah wanita yang telah diperiksa selama bulan oktober 2017 mencapai 125.079,” ucap Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila Moelek.

 

Tidak hanya pada kementerian, penghargaan juga diberikan kepada lembaga. Tiga organisasi yang mendapatkan penghargaan diantaranya Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Kejaksaan Agung, atau dharma wanita kejaksaan agung,  Dharma Wanita Persatuan Kementerian Kesehatan dan Dharma Pertiwi TNI.

Ketiganya dinilai memiliki banyak kontribusi dalam melaksanakan pencegahan penyakit kanker serviks.

 

Selain itu, kemenkes juga memberikan penghargaan kepada kalangan inovator di bidang kesehatan. Diantaranya yaitu Sri Rezeki Syaraswati Hadinegoro mengembangkan inovasi dan penyusunan kajian terkain vaksin baru. Bahkan menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah untuk melaksanakan introduksi vaksin baru.

Kegiatan ini sebagai apresiasi atas peran serta lintas sektor baik itu kementerian, lembaga, individu maupun swasta dalam mendukung pencapaian pembangunan kesehatan. Kementerian Kesehatan pun berharap agar kerjasama terus berjalan untuk kemajuan dan perkembangan sarana dan kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan.


Reporter: ASH

Editor: Hendri Firzani

 

Share this article