Sunday, 26 November 2017 21:31

Babak Baru Kesehatan Tradisional Indonesia

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Terapi akupunktur (GATRA/Jongki Handianto/yus4)

Jakarta, Gatra.Com - 15 Organisasi kesehatan tradisional Indonesia mendeklarasikan pendirian Perkumpulan Induk Organisasi Kesehatan Tradisional Indonesia (PIKTI). Babak baru pengembangan kesehatan tradisional.

 

Wadah organisasi yang baru terbentuk ini telah menunjuk Dr. dr. Ekawahyu Kasih sebagai Ketua Umum PIKTI yang terpilih secara aklamasi. Menurutnya, organisasi baru ini bertujuan menyokong Kementerian Kesehatan khususnya Direktorat Kesehatan Tradisional Indonesia dalam mengembangkan kesehatan tradisioal baik empiris maupun komplementer.

Mulai dari upaya pencegahan, pengobatan, rehabilitasi yang membutuhkan biaya negara yang sangat besar untuk menjamin kesehatan masyarakat di Indonesia.

 

"PIKTI bertekad untuk menjadi mitra Kementerian Kesehatan dalam memberikan masukan dan saran yang konstruktif agar seluruh kebijakan dan regulasi yang akan dikeluarkan pemerintah yang berkaitan dengan kesehatan tradisional Indonesia dapat menyelesaikan setiap akar permasalahan yang sebenarnya," jelasnya.

 

Untuk itu, ia mengajak seluruh organisasi kesehatan tradisional Indonesia yang belum menjadi anggota PIKTI untuk dapat bergabung menjadi anggota PIKTI sebagai upaya menyatukan seluruh potensi sumber daya tradisional Indonesia dalam rangka menghadapi berbagai tantangan baik ditingkat Nasional, Regional maupun Internasional.

 

"Organisasi PIKTI juga mendorong berdirinya Perguruan Tinggi dengan program studi Kesehatan Tradisional Indonesia untuk menambah kuantitas dan kualitas pelaku kesehatan tradisional Indonesia,"katanya.

Organisasi pendiri PIKTI :
1. Perkumpulan Terapis Kesehatan Holistik Indonesia
2. Perkumpulan Para Pemijat Penyehatan Indonesia
3. Perkumpulan Praktisi Ilmu Kesehatan Ruang Tubuh Indonesia
4. Andalan Penyembuh Alternatif Indonesia
5. Perkumpulan Asosiasi Spa Terapis Indonesia
6. Persaudaraan Pelaku & Pemerhati Pijat Refleksi Indonesia
7. Persaudaraan Pelaku dan Pemerhati Akunpuntur Indonesia
8. Perkumpulan Tuina Indonesia
9. Pekumpulan Naturpatis Indonesia
10.Asosiasi Pengobatan Tradisional Ramuan Indonesia
11.Asosiasi Medikal Hipnoterapi Indonesia
12.LSK – Pijat Akupresur Indonesia
13.LSK – Sinshe TCM Indonesia / STAB Nalanda
14.Yayasan Keluarga 70
15.LSK Pijat Tradisional Indonesia


Reporter: Wanto


Editor: Sandika Prihatnala

Read 1088 times Last modified on Monday, 27 November 2017 10:23