Home Film Dua Film yang Layak Disimak di Europe on Screen 2019

Dua Film yang Layak Disimak di Europe on Screen 2019

 

Jakarta, Gatra.com - Europe on Screen, sebagai festival film internasional yang terlama di Indonesia, akan kembali menyuguhkan film Eropa berkualitas pada 18-30 April 2019 mendatang. Menjelang EOS 2019, sejumlah media berkesempatan menyaksikan dua film terlebih dahulu di pusat kebudayaan Kedubes Prancis, Institut Français d'Indonésie (IFI) di Jalan Thamrin, Jakarta, Rabu (10/4).

Media Screening dimulai dengan pemutaran film drama In Blue. Film Belanda yang disutradarai oleh Jaap van Heusden ini menceritakan tentang seorang pramugari berumur 40an yang membentuk sebuah hubungan membingungkan dengan seorang remaja tunawisma. Film yang dibintangi aktris Maria Kraakman tersebut telah memenangkan penghargaan Best Actress dan Best Actor di Netherlands Film Festival pada 2018. In Blue akan ditayangkan pada Jumat (19/4) pukul 17.00 di Erasmus Huis Auditorium dan Minggu (28/4) pukul 17.00 di IFI Jakarta.

Selanjutnya film kedua yang diputar adalah We Need Your Vote, sebuah komedi dari Perancis. Film yang disutradarai Mathieu Sapin ini menceritakan tentang Arnold, seorang staf muda yang bergabung dengan tim komunikasi calon presiden yang dikelola oleh Agnes yang tegas dan lugas. Film ini dibintangi Alexandra Lamy dan Finnegan Oldfield. Jadwal pemutaran We Need Your Vote yakni pada Selasa (23/4) pukul 19.00 di IFI Surabaya; Kamis (25/4) pukul 17.00 di IFI Jakarta; Jumat (26/4) pukul 19.30 di Hotel Grand Aston Medan; dan Minggu (28/4) pukul 19.00 di Wisma Jerman Surabaya.

Baca Juga: Tonton 101 Film dari 27 Negara Eropa di Europe on Screen 2019

Tahun ini, EOS mengadakan beberapa program yang menarik. Salah satu program itu adalah Retrospective: #Bauhaus100 yang merayakan seabad berdirinya Bauhaus, sebuah sekolah seni di Jerman yang sangat berpengaruh.

Pada tahun ini, EOS juga merayakan karyanya sutradara legendaris dari Itali, Bernardo Bertolucci dengan mengadakan Retrospective: Bertolucci. Selain itu, ada pula Open Air Screening di berbagai tempat terbuka. Europe on Screen juga telah mengundang filmmaker Eropa untuk membagi pengalamannya ke industri film lokal dengan mengadakan Film Talks di Tangerang dan Bandung.

Setelah sukses di tahun sebelumnya, kali ini EOS kembali mengadakan Short Film Pitching Project (SFPP). Sejumlah film yang sukses masuk daftar adalah: Made in America (Kemal Hassan, Tangerang), Conversation with Kartini (Reza Mardian & Zenithesa Gifta Nadrini, Jakarta), Forget the Bomb in the Backyard! We’re Fine! (Lerryant Krisdy G. B, Jakarta), Dream of Mozarella (Taufan Tohary & Nana Aurora, Nganjuk), Nebeng/The Bodies on the Road (M. Faisal Hibatullah & Arya Bima Perkasa, Jakarta), Kisah Para Pencuri (Erlangga Fauzan, Sleman), Under Taboo (Dimas Adiputro & Kiki Febriyanti, Jakarta), Wali (Septa Yudhistira Pratama & Soleh Harjanto, Tangerang), dan Bucin/Budak Cincin (Jovita Esmeralda & Rhintany Alexandra, Jakarta).

Semua acara Europe on Screen terbuka untuk umum dan gratis. Info lebih lanjut ada di media sosial EOS, di IG @europeonscreen, Twitter @europeonscreen, dan Facebook page Europe On Screen.


 

Flora L.Y. Barus

 

1646

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR