Home Kesehatan Penyakit Diabetes Bisa Dicegah, Berikut 5 Tipsnya!

Penyakit Diabetes Bisa Dicegah, Berikut 5 Tipsnya!

3032

New York, Gatra.com – Diabetes biasanya menyerang orang-orang yang memiliki warisan penyakit gula darah dari keluarganya. Tidak hanya riwayat penyakit keturunan, diabetes juga bisa dialami oleh orang yang obesitas karena terlalu banyak mengonsumsi gula.

Namun, dalam perkembangannya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit diabetes.

1. Makanan Berserat

Banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dapat mencegah diabetes dan obesitas. Serat tersebut membantu melancarkan pencernaan yang biasanya ditemukan di dalam kacang-kacangan, buah-buahan, gandum, biji-bijian, kentang dan asparagus.

Asupan mengandung serat direkomendasikan per harinya adalah 25 gram untuk wanita, serta 38 gram untuk pria. Secara khusus, kita juga disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 2-3 mangkuk buah dan sayur-sayuran.

2. Diet Sehat

Menurut Mayo Clinic, seperti yang dilansir dari Medical Daily, diet rendah karbohidrat dapat menurunkan berat badan sekaligus mengurangi risiko diabetes. Diet sehat sangat disarankan untuk pengidap diabetes sebagai penambah kebutuhan insulin yang mendukung pengobatan. Diet juga membantu untuk mengontrol gula darah dan berat badan.

3. Melakukan Aktivitas Fisik

Obesitas menjadi salah satu potensi yang mengakibatkan penyakit diabetes. Maka, aktivitas fisik sangat penting, setidaknya untuk menurunkan berat badan dan menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Aktivitas fisik bisa dilakukan dengan berjalan kaki, olahraga, aerobik selama kurang lebih 30 menit dalam sehari.

4. Hindari Makanan Pemicu Diabetes

Selain makanan yang mengandung banyak gula, pengidap diabetes tidak disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung kadar lemak jenuh. Makanan cepat saji dengan kadar gula yang tinggi, sereal manis, pasta dan daging olahan juga tidak diperkenankan karena dapat meningkatkan kadar insulin.

5. Melakukan Pemeriksaan Rutin

Selanjutnya, menghindari diabetes juga bisa dilakukan dengan pemeriksaan medis setiap 3-6 bulan sekali. Hal tersebut dapat membantu kita untuk memantau tekanan darah, gula darah dan indikator lainnya apakah sudah berada dalam tahap memiliki gejala-gejala terkait atau bebas dari diabetes.


Reporter: RSP

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS