Home Ekonomi Harga Bawang Meroket di Jakarta, Kementan: Stok Langka

Harga Bawang Meroket di Jakarta, Kementan: Stok Langka

1219

Jakarta, Gatra.com - Harga bawang merah dan bawang putih di Jakarta masih tinggi. Berdasarkan pantauan Gatra.com, harga bawang merah mencapai Rp35 ribu/kg hingga Rp50 ribu/kg dan bawang putih berkisar antara Rp40 ribu/kg hingga Rp60 ribu/kg di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Minggu (14/4).

"Baru kali ini harga bawang merah dan bawang putih naik tinggi," ujar Warsini, seorang pedagang. 

Akibatnya, kata Amel pedagang lainnya di pasar itu, jumlah pembelian konsumen berkurang. "Yang biasanya beli sekilo jadi beli setengah kilo," tuturnya.

Hal senada juga diungkapkan Ratmi seorang pembeli. Yani, seorang pembeli mengeluhkan bahwa kenaikan harga bawang kali ini cukup memberatkan.

Manager Toko Tani Indonesia Center (TTIC), Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian, Dr. Inti Pertiwi, M.Si mengungkapkan bahwa mahalnya harga bawang merah dan putih karena stok yang kurang.

"Stok bawang merah langka karena belum musim panen. Panen raya baru 2-4 minggu lagi. Harapannya harga akan turun," ujar Inti.

Inti menambahkan kelangkaan bawang putih terjadi karena stok sisa panen dan impor November lalu menipis. "Keputusan impor masih di Kemendag (Perdagangan). Kami (Kementan) sudah menyerahkan rekomendasi ke Kemendag," ungkap Inti.

Untuk mengatasi kenaikan harga bawang, Kementan melalui TTI mengadakan operasi pasar di 46 lokasi (39 pasar DKI, 2 kecamatan, 3 kelurahan, dan 1 perumahan) di DKI Jakarta pada 12-16 April 2019.

TTI bekerja sama dengan Gapoktan LUPM, PT. Food Station Tjipinang Jaya, dan CV. Cahaya Bahari. "Menurut pantauan kami, kenaikan signifikan hanya terjadi di Jakarta," kata Inti.


Reporter : SDA

Editor: Hendry Roris Sianturi

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS