Home Ekonomi Tutup Kebutuindustrhan SDM Era Digital, Pemerintah Siapkan Beasiswa Rp145 Miliar

Tutup Kebutuindustrhan SDM Era Digital, Pemerintah Siapkan Beasiswa Rp145 Miliar

679

Jakarta, Gatra.com - Memasuki era industri 4.0 pemerintah menyadari kekuatan sumber daya manusia Indonesia belum cukup mumpuni. Prediksinya tahun 2030 akan ada kesenjangan hingga 9 juta tenaga kerja dalam industri ekonomi digital. Untuk atasi itu pemerintah membuka program Digital Talent Scolarship.

Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Program Prioritas dan Ekonomi Digital, Lis Sutjiati menyebutkan ada kesenjangan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan sektor industri sekaang ini. 

"Jadi sekarang ini setiap tahun ada sekitar 600.000 gap antara kebutuhan industri dengan tenaga kerja yang tersedia," ujarnya usai mengisi acara idEAwork di The Kasablanka Jakarta,  Kamis, (11/04).

Lis juga menambahkan tidak heran salah satu unicorn di Indonesia mengambil tenaga kerja dari India karena skill SDM Indonesia belum memenuhi kualifikasi. Untuk atasi itu, pemerintah menyediakan beasiswa dengan model Public Private Partnership.

Materi dalam program tersebut antara lain artificial intelegence, public learning, machine learning dan semua yang mendukung industri digital.

"Pemerintah saat ini punya program yang namanya digital talent scholarship sampai tahun 2019 ini ada 20.000 walaupun nggak cukup banyak untuk yang 600.000 tapi kita harus memulai. Modelnya seperti apa? modelnya PPT public private partnership," tutur Lis.

Dari 20.000 peserta yang nantinya terpilih akan langsung diserap oleh beberapa perusahaan swasta internasional yang telah bekerja sama dengan pemerintah. Untuk program ini sendiri pemerintah telah menganggarkan dana senilai Rp145 miliar.

"Untuk beasiswa digital talent tahun kemarin menganggarkan Rp7,5 Miliar tapi tahun ini Rp145 miliar untuk tadi yang 25.000 yang di rekrut tapi yang lulus kita estimasi 20.000 dan itu akan langsung diserap," jelasnya. 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS