Home Kesehatan Cegah Perundungan dengan Perkuat Literasi

Cegah Perundungan dengan Perkuat Literasi

798

Jakarta, Gatra.com - Akademisi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Musdah Mulia menyatakan, penguatan literasi pada anak-anak sangat penting sebagai upaya menangkal sikap arogan dan aksi perundungan yang kini situasinya dalam status siaga di Indonesia. Ia menjelaskan bahwa literasi harus diperkuat dan merupakan kewajiban masyarajt untuk menanamkannya di keluarganya. 

"Literasi bukan hanya sekedar membaca dan menulis tapi bagaimana mencedaskan. Itu adalah satu kewajiban kita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa," jelasnya

Musdah menjelaskan budaya literasi harus ditingkatkan dengan membiasakan anak-anak dan anggota keluarga untuk membaca ilmu pengetahuan dan kewajiban orang tua untuk menjelaskannya dengan sederhana kepada anak-anak.

Mulai dari level kecil, misalnya tingkatkan budaya literasi untuk anak-anak pada anggota keluarga. "Kita biasakan di rumah bicarakan soal buku, penelitian secara sederhana", jelasnya.

Hal seperti membatasi tontonan keluarga, dengan menggantinya nelalui  bacaan tersebut dilakukan agar di rumah, anak dan anggota keluarga mendapatkan kehidupan yang berkualitas.

"Jadi kita berada di rumah pembicaraan kita berkualitas. Jangan gosip, jangan bicara hal-hal yang tidak ada manfaatnya bagi anak kita," ujarnya..

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS