Home Kesehatan Sama-sama Menambah Energi, Ini Alasan Air Lemon Lebih Baik Dibanding Kopi

Sama-sama Menambah Energi, Ini Alasan Air Lemon Lebih Baik Dibanding Kopi

688

New York, Gatra.com – Jutaan orang mengonsumsi kopi setiap hari. Minuman kaya akan kafein yang dikonsumsi dengan gula tersebut diyakini dapat menambah energi. Namun, kandungan kafein justru menyebabkan peningkatan tekanan darah. Hal itu dapat diatasi dengan air lemon sebagai alternatif minuman penambah energi, selain kopi.

Berikut alasan kenapa kita harus mengonsumsi air lemon dibandingkan kopi.

1. Lemon Kaya Akan Nutrisi

Lemon dan kopi sama-sama mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Namun, air lemon mengandung vitamin dan mineral yang tidak ditemukan di dalam kopi. Lemon juga kaya akan vitamin C sekitar 30-50 miliram. Selain itu, buah ini juga mengandung potasium yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh, serta mengurangi dampak stres.

2. Kopi Dapat Menimbulkan Cemas

Kopi memang mengandung antioksidan dan dapat menjadi antidepresan. Tetapi, kopi rupanya menjadi penyebab timbulnya kecemasan. Seperti yang dilansir dari Medical Health yang menyatakan mengonsumsi kafein yang teralu banyak menyebabkan kegugupan dan meningkatkan risiko kecemasan. Bahkan, ada pula kondisi yang disebut dengan gangguan kecemasan akibat kafein yang diterbitkan dalam jurnal American Psychiatric Association.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Kandungan kafein kopi memiliki efek pencahar. Meskipun begitu, kopi dengan dosis yang banyak akan menyebabkan tukak lambung. Lemon, menjadi alternatif yang baik untuk membantu pencernaan sepanjang hari.

4. Insomnia

Minum kopi dengan jumlah yang berlebih di malam hari akan menimbulkan efek gangguan tidur atau yang lebih dikenal dengan insomnia. Hal ini dikarenakan, kopi memilki kadar kafein empat kali lebih tinggi.

5. Kafein Menyebabkan Gangguan Otot

Sebuah studi menunjukkan asupan kafein yang berlebih dapat menyebabkan kondisi serat otot yang rusak memasuki aliran darah. Dalam penelitian yang diterbitkan oleh Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat membuktikan, seorang wanita yang minum satu liter kopi dapat mengalami mual, muntah dan memiliki urin berwarna gelap. Berbeda halnya dengan minum satu liter air lemon yang justru dapat lebih menyehatkan dan menetralisir racun di dalam tubuh (detox).

 


Sumber: Medical Daily

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS