Home Kesehatan Mengganti Daging Merah dengan Protein Nabati Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Mengganti Daging Merah dengan Protein Nabati Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

682

New York, Gatra.com – Sebuah studi baru dari tim peneliti dari Harvard T.H Chan School of Public Health and Purdue University menemukan bahwa diet sumber protein nabati membantu mengurangi faktor risiko penyakit kardiovaskular, terutama menurunkan risiko serangan jantung. Para peneliti menyebutkan beberapa alternatif seperti kacang tanah dan kedelai yang dapat mengurangi kolesterol jahat.

“Pada temuan sebelumnya, mengevaluasi adanya efek daging merah yang dapat menigkatkan penyakit kardiovaskular,” kata kepala tim peneliti, Marta Guasch-Ferre.

Ia juga menjelaskan bahwa mengganti daging merah dengan sumber protein berkualitas tinggi menghasilkan perubahan baik terhadap risiko kardiovaskular.

Tim ini meganalisis data dari 36 uji coba terkontrol secara acak, yang melibatkan 1.803 peserta. Beberapa peserta diberikan makan berupa daging merah, ayam dan ikan. Riset ini berfokus pada kolesterol, trigliserida, lipoprotein dan tekanan darah yang diketahui berkontribusi terhadap masalah jantung.

Hasilnya menunjukkan, orang-orang yang mengonsumsi lebih banyak daging merah memiliki trigliserida lebih tinggi yang rentan terhadap masalah jantung. Sedangkan, yang mengonsumsi lebih banyak kacang-kacangan justru memiliki risiko serangan jantung lebih rendah.

Produk kacang-kacangan ini membantu menurunkan plak lemak di dalam pembuluh darah yang dapat meningkatkan kinerja kardiovaskular. Selain itu juga dapat menurunkan kolesterol LDL atau kolesterol jahat dan menurunkan potensi terkena serangan jantung.

 


Sumber: Medical Daily

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS