Home Internasional Volkswagen Mendorong Pembangunan Pabrik Mobil Listrik Berkapasitas Gigawatt

Volkswagen Mendorong Pembangunan Pabrik Mobil Listrik Berkapasitas Gigawatt

688

Shanghai, Gatra.com– Kepala Eksekutif Volkswagen, Herbert Diess mengatakan bahwa Volkswagen bersama dengan mitra usaha patungannya, SK Innovation (SKI) Korea Selatan membangun pabrik mobil listrik dengan kapasitas mencapai gigawatt.

“Kami sedang mempertimbangkan investasi dalam produsen mobil listrik untuk memperkuat di tengah-tengah pasar yang ofensif terhadap kendaraan elektrik. Serta, membangun pengetahuan yang diperlukan mengenai pasar mobil-mobil elektrik, kata perwakilan dari Volkswagen," kata Herbert di sela-sela Shanghai Auto Show, Minggu (14/4) seperti dilansir dari Reuters.

Saat ini, produsen mobil Jerman tersebut sedang memperlengkapi 16 pabrik untuk membangun kendaraan listrik. Mereka juga berencana memproduksi sekitar 33 mobil listrik yang berada di bawah merek dagang Skoda, Audi, Volkswagen dan SEAT pada pertengahan 2023.

Rencananya, produsen otomotif asal Jerman tersebut akan membeli sel baterai senilai 50 miliar euro (US$ 56,57 miliar) untuk mobil listrik tersebut. Volkswagen menjadikan beberapa perusahaan seperti SKI, LG Chem dan Samsung SDI Korea Selatan sebagai pemasok baterai.

Adapun SKI sendiri tengah membangun pabrik pembuatan sel baterai di Amerika Serikat untuk memasok kebutuhan baterai bagi pabrik Volkswagen di Chattanooga, Tennessee.

Sejauh ini, SKI akan memasok sel baterai ion litium (Li-ion) untuk mobil listrik Volkswagen yang mulai diproduksi di Chattanooga pada 2022 mendatang. LG Chem, Samsung dan SKI juga akan memasok sel baterai Volkswagen yang berada di Eropa.

Sedangkan CATL, salah satu produsen baterai Cina mulai memasok baterai untuk mobil listrik Volkswagen yang berada di Cina mulai tahun 2019 ini.


Reporter: RSP

Editor: Birny Birdieni

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS