Home Ekonomi Kementan Siapkan Komersialisasi B100

Kementan Siapkan Komersialisasi B100

416

Jakarta, Gatra.com - Kementerian Pertanian (Kementan) mempersiapkan komersialisasi biodiese; 100% atau B100 beberapa tahun mendatang. Saat ini, dalam tahap pengembangan reaktor skala besar dan pemanfaatannya pada alat-alat pertanian. Hari ini, Kementan telah memulai uji coba B100 terhadap 50 kendaraan. Sebelumnya, uji coba sudah dilakukan kepada alat-alat pertanian.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman mengatakan uji coba terhadap 50 kendaraan yang dimulai hari ini akan dilakukan selama 1-2 tahun sebelum B100 siap dikomersilkan. Kementan sudah memiliki reaktor B100 skala kecil dengan kapasitas 1.600 liter bahan baku setiap harinya. Terkait pengembangan reaktor skala komersial, Amran mengungkapkan pihaknya sedang menjajaki kerja sama dengan perusahaan swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Pihaknya masih rahasia. Anggarannya sudah disiapkan" ujar Amran di Kantor Kementan, Jakarta, Senin (15/4).

Baca Juga: Kementan Uji Coba B100 pada Alat Pertanian, Apa Hasilnya?

Amran menambahkan, Kementan telah mengirim surat kepada produsen alat-alat pertanian untuk menyesuaikan mesin dengan bahan bakar B100. Ia menjamin keberlanjutan program B100. Pasalnya, program ini sudah dituangkan dalam kebijakan negara.

"Ini sudah menjadi instruksi kepada perusahaan" tegasnya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS