Home Kesehatan Tanaman Wangi Lavender Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan

Tanaman Wangi Lavender Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan

2096

New York, Gatra.com – Lavender merupakan jenis tumbuh-tumbuhan yang memiliki bunga dan daun yang harum. Terlepas dari itu, ternyata tanaman-tanaman lavender punya beberapa manfaat kesehatan selain dapat menghilangkan stres dan mengurangi gejala insomnia.

Berikut ini manfaat kesehatan dari tanaman lavender yang baik bagi tubuh seperti dilansir dari MedicalDaily:

1. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Center of Holistic Pediatric Education and Research di Boston merilis sebuah penelitian bahwa minyak esensial dari tanaman lavender umumnya digunakan sebagai aromaterapi. Hal ini dapat meningkatkan fungsi sistem saraf pusat, serta meningkatkan kualitas tidur. Lavender juga dapat dijadikan teh untuk merelaksasi pikiran. Setelah penat bekerja, teh dari tanaman lavender rasanya cocok diminum sambil menenangkan diri.

2. Meredakan Rasa Cemas dan Stres

Dalam Science Direct, seperti yang dilansir Medical Daily, senyawa organik alami di dalam lavender dapat menyeimbangkan suasana hati. Selain bisa dikonsumsi sebagai teh, minyak esensial lavender juga dapat dioleskan ke daerah pelipis mata maupun hidung sembari dipijat.

3. Memperbaiki Pola Tidur

Lavender memperbaiki gangguan pada tidur dan pola tidur yang cenderung gelisah. Aroma lavender menenangkan sistem saraf dan digunakan sebagai agen yang memungkinkan otak menolak pikiran negatif. Sebuah penelitian dari Wesleyan University mengklaim, aroma lavender yang tercium sebelum tidur bisa membuat tidur lebih nyenyak dan meningkatkan energi di pagi harinya.

4. Mengurangi Peradangan

Tanaman yang harum ini memiliki antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan mencegah penyakit seperti serangan jantung. Senyawa organik dan antioksidannya membantu mengatur tekanan darah dan melemaskan pembuluh darah. Efeknya, kita menjadi tidak mudah terkena aterosklerosis dan risiko terhadap stroke.

5. Meningkatkan Vitalitas Kulit

Sebuah penelitian di US National Library of Medicine, menunjukkan, lavender memiliki antibakteri. Beberapa senyawa seperti volatil dapat memerangi jamur, serta aktivitas insektisidanya mampu mengobati penyakit patogen antara lain psoriasis, eksim dan jerawat.

 

 

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS