Home Internasional Produksi Massal iPhone: India Berpeluang Gantikan Cina

Produksi Massal iPhone: India Berpeluang Gantikan Cina

790

Washington DC, Gatra.com - Ketua Kelompok Teknologi Foxconn Terry Gou mengatakan iPhone akan meningkatkan produksi massal di India tahun ini. Ini langkah baru untuk  perakit ponsel Apple Inc. terbesar yang sebelumnya cukup lama memusatkan produksi di Cina.

Gou mengatakan bahwa Perdana Menteri Narendra Modi telah mengundangnya ke India ketika perusahaan Taiwan merencanakan ekspansi di negara itu. Apple sebenarnya telah memproduksi ponsel di pabrik di Bangalore selama beberapa tahun. Sekarang mereka akan memperluas manufakturnya ke model yang lebih baru. Bulan ini Foxconn siap untuk memulai produksi percobaan iPhone terbaru di India sebelum memulai perakitan secara skala penuh di pabriknya di luar kota selatan Chennai.

"Di masa depan kami akan memainkan peran yang sangat penting dalam industri ponsel pintar di India. Kami telah memindahkan jalur produksi kami di sana," kata Gou.

Dilansir Bloomberg, India telah menjadi pasar ponsel cerdas yang tumbuh paling cepat di dunia, sementara pasar di Cina hanya jalan di tempat dan Apple kehilangan pangsa ke merek lokal seperti Huawei Technologies Co. dan Xiaomi Corp. Apple telah menjadi pemain kecil di India, sebagian karena harganya yang tinggi, tetapi manufaktur lokal akan membantu perusahaan yang berbasis di Cupertino, California menghindari bea impor sebesar 20 persen.

"Untuk Foxconn, pasar Cina untuk iPhone sudah jenuh, dan biaya tenaga kerja tiga kali lebih tinggi dibandingkan dengan India. India masih merupakan pasar smartphone yang sedang berkembang dan memiliki banyak potensi di dalam negeri dan dapat berfungsi sebagai pusat ekspor untuk wilayah tersebut.," kata Karn Chauhan, seorang analis di Counterpoint Research yang berbasis di Gurgaon.

Belum jelas bagaimana langkah Apple ke India akan memengaruhi operasi di Cina. Cina telah menjadi basis manufaktur terpenting perusahaan selama bertahun-tahun, rumah bagi fasilitas terbesar Foxconn dan ratusan mitra lainnya.

Foxconn sudah memiliki dua lokasi perakitan di negara bagian Andhra Pradesh dan Tamil Nadu di India selatan, tempat Foxconn membuat perangkat untuk Xiaomi dan Nokia. Menempatkan lebih banyak produksi di India akan membantu diversifikasi jejak manufaktur Apple dan Foxconn dari Cina di tengah ketegangan perdagangan yang sedang berlangsung dengan AS.


Reporter: MAH

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS