Home Info Luwu Utara Lomba Bercerita Semarakkan HUT ke-20 Luwu Utara

Lomba Bercerita Semarakkan HUT ke-20 Luwu Utara

122

Makassar, Gatra.com – Kabupaten Luwu Utara segera memperingati hari jadinya yang ke-20. Hari jadi daerah otonomi baru hasil pemekaran Kabupaten Luwu ini akan diperingati pada 27 April 2019.

Berbagai rangkaian acara digelar pun digelar untuk memeriahkan HUT Luwu Utara.

Salah satunya, yakni lomba bercerita, yang digelar Senin (15/4).

Kegiatan ini dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah.

Lomba digelar di halaman Kantor Dinas PKD Luwu Utara dengan mengambil tema, “Melalui Pengembangan Minat dan Budaya Baca Kita Tumbuh Kembangkan Kegemaran Membaca dan Kecintaan Terhadap Budaya Lokal.”

Hadir membuka acara, Pelaksana Tugas Sekda Luwu Utara, Tafsil Saleh.

Dalam sambutannya, Sekda berharap, lomba ini tidak sekadar rangkaian perayaan HUT Lutra. Namun, lebih dari itu bisa meningkatkan minat dan budaya gemar membaca.

“Kita berharap ini bisa memicu minat baca sekaligus upaya menuju literasi dasar masyarakat. Karena membaca merupakan media penyerapan ilmu pengetahuan dan informasi,” katanya.

Sekda menegaskan, kemampuan baca yang tinggi akan memacu seseorang untuk mengembangkan diri. Selain itu, dengan membaca juga bisa terjadi penyerapan ilmu pengetahuan teknologi.

“Semoga gemar membaca ini bisa menjadi budaya di kalangan anak-anak kita,” katanya.

Tafsil Saleh juga berpesan, kepada peserta lomba menulis karya ilmiah tingkat SMP agar dapat meningkatkan minat pelajar mengaktualisasikan diri. Hal itu tentu harus dimulai dari inovasi dan kreativitas yang ditumbuhkan melalui kegiatan membaca.

“Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan penuh manfaat. Semoga kegiatan ini bernilai ibadah dan berhasil membangun komitmen bersama yang nantinya bermuara kepada terpenuhinya kebutuhan literasi dasar masyarakat, dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai amanah UUD 1945,” imbuhnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Luwu Utara, Maharuddin menjelaskan, tujuan kegiatan tersebut untuk memasyarakatkan minat belajar dan kebiasaan membaca. Juga mendorong terwujudnya masyarakat pembelajaran melalui kegiatan lomba story telling.

“Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan kecintaan terhadap karya budaya bangsa melalui berbagai bacaan atau buku dalam membangun karakter kecerdasan dan inovasi masyarakat,” katanya.

Reporter: Baharuddin

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS