Home Internasional Katedral Notre-Dame di Paris Dilahap Api

Katedral Notre-Dame di Paris Dilahap Api

687

Paris, Gatra.com - Katedral Notre-Dame, simbol keindahan dan sejarah Paris, hancur akibat kebakaran hebat pada Senin malam yang menyebabkan atapnya runtuh dan asapnya menyelimuti langit kota Paris.

Dilansir NYTimes, api menjalar dari atap katedral kemudian berubah menjadi bara. Kejadian ini mengejutkan ribuan pengunjung yang berkumpul dan memadati alun-alun Hôtel de Ville terdekat di sepanjang tepi Sungai Seine.

"Ini seperti kehilangan anggota keluarga sendiri. Bagi saya ada begitu banyak kenangan yang terikat di dalamnya," kata Pierre Guillaume Bonnet, seorang direktur pemasaran berusia 45 tahun.

Sekitar 500 petugas pemadam kebakaran memadamkan api selama hampir lima jam. Pada jam 11 malam waktu Paris. "Dua per tiga atapnya hancur," kata kepala pemadam kebakaran, Jean-Claude Gallet.

Presiden Emmanuel Macron dalam pidato singkat di Notre-Dame pada Senin malam, bersumpah bahwa katedral akan dibangun kembali.

"Ini adalah tempat di mana kita telah menjalani semua momen besar kita, pusat kehidupan kita. Ini adalah katedral orang Prancis," katanya.

Penyebab kebakaran itu belum diketahui, kata para pejabat di sana. Tidak ada korban meninggal dalam peristiwa tersebut, tetapi seorang petugas pemadam kebakaran terluka parah.

Kebakaran terjadi sekitar 6.30 sore waktu Paris, membuat rencana Macron untuk menyampaikan pidato kebijakan penting tentang upaya untuk memperbaiki negara dari demonstrasi "Rompi Kuning".

Katedral Notre-Dame merupakan sebuah permata arsitektur Gotik abad pertengahan yang dibangun pada abad ke-12 dan 13. Notre-Dame adalah landmark tidak hanya untuk Paris, tetapi untuk seluruh dunia. Katedral dikunjungi oleh sekitar 30.000 orang per hari dan sekitar 13 juta orang per tahun.


Reporter: MAH

Editor: Hendry Roris

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS