Home Ekonomi Tempat Pembuangan Akhir di Palembang Masih Terkendala Infrastruktur

Tempat Pembuangan Akhir di Palembang Masih Terkendala Infrastruktur

604

Palembang, Gatra.com – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) 2 Karyajaya Palembang sudah beroperasional namun terkendala infrastuktur jalan. Tempat pembuangan akhir inipun menjadi solusi saat daya tampung lahan di TPA Sukawinatan, Sukarame Palembang sudah tidak memungkinkan lagi untuk penampungan.

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan kondisi TPA 2 harus diperbaiki mengingat kegiatan operasionalnya sudah berlangsung namun lokasi pembuangannya hanya berada di kawasan depan.

“Proses pembuangan tidak sampai masuk ke dalam, karena kondisi jalan menuju lokasi inti masih belum perbaiki. Ini harus menjadi perhatian dinas terkait, guna melakukan percepatan pembangunan jalan,” ujarnya, Selasa (16/4).

Percepatan perbaikan ini dilakukan agar TPA alternatif setelah TPA Sukawinatan menjadi maksimal. Memang, kata Fitrianti, hampir 40% lokasi jalan tersebut merupakan rawa dengan tanah berkonstur lunak sehingga akan sulit dilintasi saat musim hujan.

“Dengan beban kendaraan yang berat, memang sulit untuk melintas. Karena itu harus diperbaiki, agar fungsi TPA bisa maksimal,” terangnya.

Apalagi, dengan jargon Palembang Emas Darussalam, maka kebersihan ibu kota Provinsi harus lebih diutamakan. Kata Fitri, pemerintah telah banyak menggarapkan program kebersihan diantaraya gotong royong yang juga mengumpulkan banyak sampah.

“Dengan TPA yang berfungsi mengelola dan mengurangi keberadaan sampah, maka secara kuantitasnya, sampah bisa lebih ditekan. Meski proses sebaiknya, yakni mengurangi banyak sampah yang dihasilkan masyarakat,” pungkasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) menambahkan kondisi TPA 2 Karyajaya sudah beroperasional, namun ada beberapa hal yang harus diperbaiki yakni prasarana jalan yang menjadi akses masuk ke lahan inti.

“Untuk sementara pembuangan sampah masih di bagian depan karena jalan tidak bisa dilintasi jika hujan atau lembab. Saat ini, pemerintah melakukan penghentian pembuangan sampah di TPA Sukawinatan guna melakukan penataan kembali,” pungkasnya.


Reporter: Tasmalinda

Editor: Hendry Roris Sianturi

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS