Home Ekonomi Jokowi: Lima Juta Wisman Muslim Kunjungi Indonesia Tahun Ini

Jokowi: Lima Juta Wisman Muslim Kunjungi Indonesia Tahun Ini

1039

Jakarta, Gatra.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Halal Park di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan Jakarta Pusat. Halal Park ini berdiri atas lahan seluas 21.000 meter persegi dan dibangun BUMN PT Wijaya Karya Tbk.

Jokowi mengatakan menurut Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019, Indonesia berada di peringkat pertama tujuan wisata halal di dunia. Tahun sebelumnya, posisi tersebut ditempati oleh Malaysia.

“Ini sebuah capaian yang bagus dan baru seja diumumkan oleh Global Muslim Travel Index,” ungkap Jokowi, Selasa (16/4).

Jumlah wisatawan muslim pada tahun 2018 di seluruh dunia mencapai 140 juta orang, dengan pengeluaran (spending money) kurang US$35 miliar. Sementara Tahan 2020, diproyeksikan akan bertambah menjadi 158 juta orang.

Melihat potensi tersebut, sambung Jokowi, Indonesia mulai serius menggarap pariwisata halal di tanah air. Pemerintah menargetkan lima juta kunjungan wisatawan muslim mancanegara datang ke Indonesia di tahun 2019 ini.

“Target kunjungan wisatawan halal ke Indonesia adalah lima juta orang, seperempat dari total target wisatawan yang kita harapkan datang ke Indonesia. Dan Target kita tumbuh 42% dibandingkan tahun sebelumnya. Ini loncatan yang sangat besar sekali,” pungkas Jokowi.

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS