Home Teknologi Ratusan PPL PLN Riau-Kepri Jaga Listrik Pemilu

Ratusan PPL PLN Riau-Kepri Jaga Listrik Pemilu

1106

Pekanbaru, Gatra.com - PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri (UIWRKR) menyiagakan ratusan personilnya untuk mengamankan pasokan listrik selama Pemilu di seluruh wilayah Provinsi Riau dan Kepulauan Riau (Kepri). Personil ini disebut Pasukan Pengamanan Listrik (PPL).

Di Provinsi Riau, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pekanbaru membuat 39 Posko Siaga PLN yang tersebar di wilayah kerjanya seperti Kota Pekanbaru, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Pelalawan, Siak dan Kampar.

"Untuk lima daerah ini kami sediakan 24 unit genset dan 221 personil untuk menjaga posko-posko Panitia Pelaksana Kecamatan (PPK), Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dan Badan Pengawasan Pemilu," kata Manager PLN UP3 Pekanbaru, Himawan Sutanto kepada Gatra.com, Selasa (16/4).

Kemudian PT PLN UP3 Rengat mensiagakan sebanyak 240 orang personil untuk mengamankan suplai kelistrikan di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Indragiri Hilir (Inhil) dan Kuantan Singingi (Kuansing).

Personil ini terdiri dari tim teknik, tim Keselamatan Ketenagalistrikan dan Keselamatan Kesehatan Kerja dan lingkungan (K3L), manajemen vendor pemeliharaan jaringan dan petugas pelayanan teknik (Yantek) 5 Unit Layanan Pelanggan (ULP); ULP Air Molek, ULP Rengat Kota, ULP Taluk Kuantan, ULP Tembilahan dan ULP Kuala Enok.

"Kami juga menyiapkan petugas piket 24 jam dan mesin genset mobil 50 KW di tiga KPUD; Inhu, Inhil dan Kuansing. Selain itu kami melaksanakan patroli untuk mematau listrik ke seluruh TPS," ujar Manejer PLN UP3 Rengat, Erwin Gunawan kepada Gatra.com.

Sedangkan untuk wilayah Provinsi Kepulauan Riau, PLN UP3 Tanjung Pinang menyiagakan sebanyak 393 orang pasukannya untuk mengamankan 63 posko yang ada di 10 Unit Layanan Pelanggan (ULP) di wilayah kerjanya.

Sebelumnya, para personil ini telah diberi arahan oleh General Manager PLN UIWRKR, M. Irwansyah Putera dalam apel gelar pasukan untuk mengecek dan memastikan kesiapsiagaan PLN dalam hal personel (pelayanan teknik) , Armada, dan peralatan kerja guna menjaga keandalan pasokan listrik pada saat UNBK dan Pemilu 2019, pada akhir Maret, lalu.

Irwansyah mengingatkan seluruh petugas agar senantiasa menjaga kesehatan dan selalu mengutamakan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) supaya dapat memberikan pelayanan yang terbaik selama Pemilu berlangsung.

"Dengan perlengkapan yang sesuai standar dan petugas yang sigap, diharapkan apabila terjadi gangguan untuk segera diatasi," pintanya.


Reporter : Zuhdi Anshari

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS