Home Internasional Macron Janjikan Bangun Notre-Dame dalam Lima Tahun

Macron Janjikan Bangun Notre-Dame dalam Lima Tahun

769

Paris, Gatra.com- Presiden Emmanuel Macron berjanji akan kembali membangun katedral Notre-Dame de Paris yang hancur karena kebakaran dalam lima tahun ke depan. Janji itu ia sampaikan dalam sebuah pidato singkat disiarkan pada waktu tayang utama televisi.

"Kami akan membangun kembali Notre-Dame, bahkan lebih indah. Saya ingin itu selesai dalam lima tahun, kami bisa melakukannya," katanya seperti dikutip dari Reuters, Rabu (17/4). Baca juga: Macron Janji Restorasi Katedral Notre-Dame Pasca Kebakaran

Menara katedral hancur dan atapnya memusnahkan menara lonceng, namun masih dapat berdiri. Beruntungnya, banyak karya seni berharga yang berhasil diselamatkan.

Setidaknya lebih dari 400 petugas pemadam kebakaran bekerja untuk menahan api tersebut. Mereka akhirnya berhasil memadamkan selama 14 jam setelah api dimulainya.

Baca juga: Apa yang Tersisa dari Kebakaran Katedral Notre-Dame?

Macron mengunjungi lokasi kebakaran pada Senin malam lalu. Ia berjanji akan membangun kembali katedral, yang sebagiannya berasal dari abad ke-12.

“Terserah kita apakah untuk mengubah bencana ini menjadi kesempatan untuk bersatu. Setelah merenungkan secara mendalam tentang apa yang telah kita dan apa yang harus kita lakukan agar menjadi lebih baik dari kita," ungkap Macron.

Sekitar 24 jam setelah kebakaran terjadi, lebih dari 750 juta euro (US$ 845 juta) dana pembangunan telah dijanjikan. Nilai ini termasuk 500 juta dari tiga keluarga miliarder yang memiliki kerajaan barang mewah raksasa Prancis, yakni Kering, LVMH dan L'Oreal.

Baca juga: Katedral Notre-Dame di Paris Dilahap Api

Jaksa penuntut umum Paris, Remy Heitz, menyebut tidak ada indikasi yang jelas bahwa kebakaran itu adalah pembakaran. Saat ini lima puluh orang sedang mengerjakan investigasi yang panjang dan kompleks, kata para pejabat.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS