Home Olahraga Kalah dari Ajax di Liga Champions, Juventus rugi US$453 Juta

Kalah dari Ajax di Liga Champions, Juventus rugi US$453 Juta

955

Torino, Gatra.com - Anak-anak ajaib punggawa AFC Ajax NV mengejutkan para investor seperti halnya penggemar sepak bola. Mereka berhasil mengalahkan Si Nyonya Tua dengan skor skor 2-1 di perempat final Liga Champions, Selasa malam (16/4) waktu setempat.

Saham Juventus Football Club SpA langsung anjlok hingga 24% pada Rabu (17/4), terbesar sejak saham mulai diperdagangkan pada Desember 2001. Ini terjadi setelah tim asal Italia tersebut tersingkir dari kompetisi klub elit Eropa. Dikutip dari Bloomberg, Juventus kehilangan sekitar 400 juta euro (US$ 453 juta) di nilai pasar pada titik terendahnya.

Ajax sekarang memiliki peluang untuk meningkatkan pendapatan tahunannya lebih dari sepertiga. Mencapai semifinal telah membuat nilai mereka bertambah 12 juta euro dalam hadiah uang. Sementara hadiah 19 juta euro lainnya berpotensi untuk diperebutkan jika tim maju lebih jauh. Itu belum termasuk pendapatan tiket dan merchandising, serta pengaruh yang lebih besar dengan sponsor komersial untuk klub yang mendapat tempat kembali di panggung terbesar sepak bola global.

"Dalam hal anggaran, kami berada di urutan paling bawah dalam fase Liga Champions ini," kata Chief Executive, Edwin van der Sar, yang bermain sebagai penjaga gawang untuk Ajax dan Juventus, kepada AFP awal tahun ini. "Tapi Ajax adalah nama besar dalam sepakbola," katanya tentang tim yang memenangkan turnamen empat kali sejak 1995 itu. Tiga kemenangan lainnya datang pada tahun tujuh puluhan ketika itu dikenal sebagai Piala Eropa.

Van der Sar bukan satu-satunya mantan pemain favorit penggemar yang mengingatkan anak-anak muda Ajax tentang kejayaan mantan klub. Dia pernah merayakan di tribun dengan direktur sepak bola, Marc Overmars, yang bermain di final ketika Ajax memenangkan Liga Champions 24 tahun yang lalu.

Bloomberg menulis bahwa obligasi Juventus senilai 175 juta euro yang jatuh tempo pada 2024 juga turun sebanyak 2,1 sen euro menjadi 96,56 sen.

Ajax sendiri mencatatkan 8,5% lebih tinggi pada 18,60 euro pada pukul 4 sore di Amsterdam, membuat nilai perusahaan itu menjadi 341 juta euro. Juventus turun 16% menjadi 1,42 euro dengan nilai pasar 1,4 miliar euro.


 

Reporter: PPB

Editor: Flora L.Y. Barus

 

 

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS