Home Ekonomi Operasi Pasar Kementan, Bawang Putih Diserbu Habis

Operasi Pasar Kementan, Bawang Putih Diserbu Habis

789

Jakarta, Gatra.com – Operasi Pasar yang dilakukan oleh Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) pada tanggal 12-16 April 2019 belum menunjukkan hasil. Oleh karena itu, BKP Kementan kembali mengadakan operasi pasar pada 18, 20 dan 21 April 2019.

Hari ini, Kementan mengadakan lima operasi pasar sekaligus di Pasar Jaya Kelapa Gading, Pasar Kebayoran Lama, Pasar Pondok Labu, Pasar Mayestik, dan Pasar Cijantung. Menurut staf BKP Kementan di Pasar Mayestik, Rendra, BKP menjual bawang putih, bawang merah, dan beras masing-masing seharga Rp. 22 ribu/kg, Rp. 20 ribu/kg, dan Rp48 ribu/per 5 kg. Operasi pasar dimulai sejak pukul 08.30.

“Kami melakukan operasi sampai stok sudah habis” ujar Rendra, di Pasar Mayestik, Jakarta, Kamis (18/4).

Baca Juga: Ada 7 Perusahaan Dapat Izin Impor Bawang Putih, Ke mana Bulog?

Kepala Bagian Distribusi BKP Kementan, Inti Pertiwi menjelaskan operasi pasar dilakukan untuk mengendalikan harga bawang putih yang masih tinggi. Menurut panel harga pangan BKP, harga bawang putih bonggol dan kating masing-masing sebesar Rp. 38.205/kg dan Rp. 50.404/kg.

Inti memaparkan, masih tingginya harga bawang putih karena stok yang sudah menipis. “Kita tidak bisa perkirakan sampai kapan (harga) tinggi karena Kemendag belum membuka impor” ujarnya.

Menurut pantauan BKP, bawang putih merupakan komoditas yang paling dicari. Stok bawang putih yang dijual pasar Kelapa Gading dan Pondok Labu langsung habis dalam waktu singkat. Hal ini juga terjadi di Pasar Mayestik ketika bawang putih sudah habis dalam waktu 2 jam.

“Konsumen lebih banyak membutuhkan bawang putih mungkin karena umurnya lebih panjang” ujar Inti.

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS