Home Internasional Korea Selatan Tingkatkan Target Produksi Energi Terbarukan

Korea Selatan Tingkatkan Target Produksi Energi Terbarukan

1058

Seoul, Gatra.com - Korea Selatan berencana meningkatkan pangsa output energinya yang dihasilkan dari sumber-sumber terbarukan menjadi 35% pada tahun 2040. Target tersebut telah dirumuskan dalam rancangan revisi kebijakan pemerintah Korea Selatan pada hari ini.

"Kami telah memutuskan untuk meningkatkan pangsa daya terbarukan menjadi antara 30% dan 35% pada tahun 2040 untuk bergerak menuju energi yang lebih bersih dan lebih aman berdasarkan rekomendasi kelompok penasihat," kata Park Jae-young, Direktur Kementerian Perdagangan, Industri dan Energi , seperti dikutip Reuters, Jumat (19/04).

Pada November 2019, pihak berwenang di Korea Selatan telah mengatakan bahwa pemerintah merencanakan untuk memperluas pangsa pembangkit listrik terbarukan menjadi 25% sampai 40% di tahun 2040 untuk mengikuti tren global.

Sementara saat ini daya terbarukan baru mencapai sekitar 8% dari produksi energi Korea Selatan. Artinya, negara ini harus meningkatkan lebih dari tiga kali lipatnya.

Negara dengan ekonomi terbesar ke-empat di Asia ini berusaha untuk melepaskan ketergantungannya pada batubara dan tenaga nuklir. Di tahun 2017, Korea Selatan menargetkan peningkatan jumlah energi terbarukan dalam bauran energinya menjadi 20 persen pada tahun 2030. 

“Peran tenaga batu bara diperkirakan akan dikurangi lebih lanjut, sementara pembangkit tenaga gas akan diperluas”, ungkap Park.

Selain itu, pemerintah Korea Selatan juga juga rencananya akan berhenti memperpanjang umur pembangkit listrik tenaga nuklir yang sudah tua.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS