Home Gaya Hidup Festival Europe on Screen: Biar Orang Sini Cinta Film Eropa

Festival Europe on Screen: Biar Orang Sini Cinta Film Eropa

1196

Jakarta, Gatra.com - Festival Europe on Screen 2019 kembali digelar di Jakarta. Festival yang berlangsung secara tahunan ini sudah masuk edisi ke-19 dan merupakan festival film tertua yang sudah ada di Indonesia.

Co-director Festival Europe on Screen, Meninaputri Wismurti menjelaskan dirinya sudah memimpin acara ini sejak setahun silam bersama rekannya, Nauval Yazid. Putri, sapaannya, mengaku punya alasan yang kuat mengapa festival ini wajib diselenggarakan di Indonesia.

"Kami melihat kurangnya opsi orang Indonesia menonton film-film Eropa di bioskop. Kan cuma selalu ada film Amerika. Paling banter film Inggris, tapi film negara Eropa lainnya enggak ada, seperti Slovakia, Serbia, Jerman, Perancis," ujar Putri saat ditemui setelah pemutaran film Bauhaus Spirit: 100 Years of Bauhaus di Goethe Institute, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (19/4).

Putri menyayangkan minimnya opsi tersebut, mengingat di negara Eropa seperti Jerman, Perancis, Italia, selalu memproduksi ratusan film setiap tahunnya. "Tapi jarang sekali masuk bioskop Indonesia. Paling satu film dalam sebulan," ujar perempuan berusia 39 tahun ini.

Pada festival kali ini, sedikitnya 101 film dari 26 negara ditampilkan secara cuma-cuma. Putri menjelaskan, mayoritas film yang ditampilkan itu film main production atau mainstream dengan beragam genre.

Festival ini diselenggarakan oleh negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa ataupun yang tidak tergabung. "Semua negara-negara di Eropa. Dari 26 negara, 20 di antaranya masuk jajaran Uni Eropa," jelas Putri.

Festival ini sudah dimulai sejak Kamis, 18 April 2019 dan akan ditutup pada 30 April mendatang. Pemutaran filmnya tak hanya di Goethe Institute, namun juga di tempat lain, di antaranya Institute Francais Indonesia, Salihara, Kekini dan lainnya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS