Home Gaya Hidup Peringati Hari Kartini, Ganjar Beserta Istri Gowes Bareng WCC

Peringati Hari Kartini, Ganjar Beserta Istri Gowes Bareng WCC

948

Semarang, Gatra.com - Memperingati Hari Kartini, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan istrinya, Siti Atikoh, serta ratusan perempuan menyelenggarakan acara gowes bareng menyusuri kota Semarang, Minggu (21/4).

Siti Atikoh beserta ratusan perempuan yang tergabung dalam komunitas Women Cycling Community (WCC) Semarang mengenakan kebaya saat menggejot pedal sepeda. Sedangkan Ganjar dan sejumlah pria yang ikut gowes mengenakan kaus yang didesain khusus menyerupai baju adat Jawa.  

Pelepasan peserta gowes bertajuk Kartini’s Ride tersebut dilakukan Ganjar di Wisma Perdamaian, kawasan Tugu Muda, Semarang. Peserta gowes tidak hanya  dari Semarang dan daerah sekitarnya, tapi juga luar kota seperti Malang, Surabaya, dan Jakarta

Para peserta kemudian berkeliling menyusuri jalanan kota Semarang seperti kawasan Kota Lama, Lawang Sewu, Simpanglima, dan berakhir di kantor Gubernur Jateng di Jalan Pahlawan.

Siti Atikoh mengatakan sengaja menggelar peringatan Hari Kartini dengan cara gowes mengenakan kebaya. “Kegiatan gowes ini untuk mengenang jasa-jasa perjuangan pahlawan emansipasi perempuan Ibu Kartini,” katanya.

Menurut Atikoh, berkat perjuangan Kartini,  perempuan Indonesia saat ini memiliki kesempatan mengaktualisaiskan dirinya dalam berbagai bidang kehidupan, seperti sosial, politik, dan budaya.

Kepada kaum perempuan, Atikoh berpesan untuk meneladani perjuangan Kartini. Sebagai Kartini modern, kaum perempuan dituntut cerdas, mandiri, sehat, dan bahagia. “Kaum perempuan Indonesia harus bisa bermafaat bagi dirinya, keluarganya, dan bangsanya,"  kata Atikoh.

Ganjar Pranowo menyatakan mendukung kegiatan WCC Semarang yang mengadakan gowes bareng merayakan Hari Kartini. Gowes bareng yang diikuti peserta dari sejumlah daerah, menurut Ganjar,  membawa misi menebarkan perdamaian setelah sempat terpecah belah dalam pemilu 2019. “Dengan kegiatan gowes bareng masyarakat dapat kembali disatukan,” ujar dia.

Orang nomor satu di Jateng ini berpesan kepada kaum perempuan Indonesia untuk bersemangat dalam berkarya di segala bidang. “Perempuan sekarang memiliki kesempatan sama dengan laki-laki berkaya dalam setiap bidang,” kata Ganjar.

Saat ini, menurutnya, perempuan Indonesia terbukti mampu menempati jabatan jabatan politik dengan menjadi menteri dan sebagainya.

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS