Home Internasional Komedian Memenangkan Pemilihan Presiden Ukraina

Komedian Memenangkan Pemilihan Presiden Ukraina

722

Kiev, Gatra.com - Pendatang baru dalam pemilihan presiden Ukraina, Vlodymyr Zelensky resmi memenangkan pemilihan presiden. Komedian yang terkenal karena membintangi serial televisi satir 'Servant of the People' di mana secara kebetulan ia memerankan karakter sebagai presiden Ukraina.

Dilansir dari BBC, Zelensky yang tidak memiliki pengalaman politik sebelumnya dalam berkampanye memfokuskan keunikannya dengan kandidat lain daripada pada gagasan kebijakan konkret. "Aku tidak akan pernah mengecewakanmu," kata Zelensky di hadapan pendukungnya.

Hampir seluruh hasil surat suara yang dihitung dalam pemilihan putaran kedua, Zelensky memperoleh 73%. Sedangkan sang petahana, Petro Poroshenko tertinggal jauh dengan perolehan suara hanya 24%.

Presiden Petro sendiri merupakan miliarder Ukraina. Pada periode pemerintahan sebelumnya dia terpilih setelah pemberontakan menggulingkan pemerintah pro-Rusia.

Pengamat politik Ukraina percaya gaya Zelensky yang menghindari taktik kampanye tradisional, dengan menyalurkan pesonanya di layar, adalah kunci kemenangannya. Dia berjanji untuk memberantas korupsi dan menghilangkan cengkeraman para oligarki di Ukraina.

Janjinya untuk membersihkan politik Ukraina sangat sesuai dengan karakteristik pemilih yang banyak kecewa dengan jalan negara di bawah pimpinan Petro Poroshenko.


 

Reporter: ZALDI

Editor: Flora L.Y. Barus

 

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS