Home Teknologi Kacamata Renang Dapat Bantu Gangguan Penglihatan Astronot

Kacamata Renang Dapat Bantu Gangguan Penglihatan Astronot

447

Washington DC, Gatra.com - Astronot yang sedang dalam misi perjalanan panjang ke Mars atau Stasiun Luar Angkasa Internasional, suatu saat dapat menggunakan kacamata renang untuk menjaga penglihatannya.

Dilansir CBC, diperkirakan hingga 75% astronot mengalami perubahan penglihatan di mata mereka, seperti berkurangnya ketajaman penglihatan ketika berada di ruang angkasa selama tiga bulan atau lebih.

Dalam satu studi pada tahun 2018, selama 6 bulan di ruang angkasa menyebabkan penebalan retina di dekat saraf optik yang berkontribusi pada kaburnya penglihatan. Alasannya karena efek gravitasi pada tekanan cairan di bagian belakang mata.

Beberapa astronot kembali dalam keadaan normal, tetapi sebagian yang lain mengalami sindrom mata Spaceflight-Associated Neuro-Ocular Syndrome (SANS). Sindrom ini diketahui dapat dialami astronot bahkan beberapa tahun setelah kembali ke Bumi.

Dalam sebuah studi kecil yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Ophthalmology, peneliti menguji 20 pria sehat di Johnson Space Center NASA di Houston. Setengahnya diberi kacamata renang untuk dipakai saat berolahraga dan separuhnya tidak.

"Kacamata renang tersebut menekan kulit di sekitar mata, yang mungkin meningkatkan tekanan di mata untuk mengurangi beberapa efek berbahaya dari spaceflight jangka panjang," kata para peneliti.

"Kacamata renang adalah alat yang sangat sederhana yang dapat meningkatkan tekanan mata," kata penulis studi Jessica Scott dari Universitas Space Research Association di Houston dalam sebuah jurnal podcast.

"Ini menarik bagi kita untuk melihat teknologi baru yang dapat digunakan astronot untuk tidak hanya memantau tetapi juga melakukan intervensi untuk misi di masa depan," ujar Jessica Scott.

Peneliti memperingatkan bahwa memakai kacamata saat berolahraga di ruang angkasa perlu diteliti lebih lanjut, misalnya untuk melihat berapa lama tekanan meningkat dan untuk menilai efek jangka panjang.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS