Home Teknologi NASA Mencatat Gempa Perdana di Mars

NASA Mencatat Gempa Perdana di Mars

1456

Washington D.C, Gatra.com - Pesawat penjelajah tanpa awak milik NASA, InSight, mencatat adanya gempa di Mars. Ini pertama kalinya dalam sejarah manusia. Peristiwa yang dijuluki "marsquake" ini dianggap sebagai batu loncatan baru bagi para seismolog agau ahli gempa bumi dalam mempelajari geografi Mars.

Sinyal catatan yang dikirim Insight pada 6 April mengindikasi gempa yang terjadi datangnya dari interior Mars, bukan oleh adanya pemicu dari permukaan seperti angin. Meski demikian, para peneliti masih mempelajari data yang masuk untuk menentukan di mana letak tepatnya episenter atau titik di permukaan yang menjadi pusat gempa.

Gempa tersebut merupakan gelombang kecil yang magnitudonya sekitar 2 atau 2.5 skala richter. Tetapi, goncangan kecil ini adalah apa yang ditunggu-tunggu oleh para ilmuwan InSight sejak penginstalan seismometer di wahana itu pada Desember 2018 yang monitoringnya dimulai beberapa minggu yang lalu.

"Saya sudah mendamba-dambakan data seperti ini dari tahun 1980 sejak saya memulai karir saya. Ini adalah mimpi yang jadi kenyataan," kata Peneliti Senior misi NASA InSight,  Bruce Banerdt, Selasa malam (23/4).

Tidak seperti Bumi, Mars tampaknya tidak memiliki lempeng tektonik. Sebaliknya, getarannya diperkirakan berasal dari pendinginan planet yang lambat dari waktu ke waktu. Inilah yang menyebabkan inti planet Mars berkontraksi dan mengembangkan retakan pada permukaannya. Gempa ini juga dapat berasal dari dampak meteor dan atau pergerakan magma jauh di bawah tanah.

 


Sumber: National Geographic

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS