Home Teknologi Soal Palapa Ring, Pemprov Riau Mengeluh

Soal Palapa Ring, Pemprov Riau Mengeluh

706

Pekanbaru, Gatra.com - Meski sudah dimulai lagi pada 2015, sampai sekarang Pemerintah Provinsi Riau tak kunjung bisa mendapatkan data konkrit soal proyek Palapa Ring di Riau.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Provinsi Riau, Yogi Getri mengatakan sudah beberapa kali pihaknya mencoba menggali info perkembangan proyek itu di Riau.

"Tapi kita enggak juga bisa dapat data fix dari Kementerian soal itu (Palapa Ring) di Riau," katanya kepada Gatra.com melalui sambungan telepon, Rabu (24/4).

Setiap pihaknya berupaya meminta informasi perkembangan proyek itu biar bisa diketahui pemerintah daerah, respon Kementerian kata Yogi selalu kurang memuaskan. "Udah beberapa kali kita minta. Jawabnya sekadar, ia ia. Tanpa tindak lanjut," kata Yogi.

Palapa Ring sendiri merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi yang digarap Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Proyek ini membangun jaringan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 kilometer.

Riau sendiri masuk dalam zona Palapa Ring Barat bersama Kepulauan Riau hingga ke ujung Natuna dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2 ribu kilometer. Projek ini disebut-sebut sudah kelar dan sudah beroperasi sejak tahun lalu, persis Maret 2018.

Bagi Riau sendiri, keberadaan jaringan infrastruktur telekomunikasi yang prima sangat dibutuhkan. Salah satunya untuk memastikan komunikasi di kawasan perbatasan negara bisa mumpuni.

Persis seperti salah satu tujuan dibikinnya projek Palapa Ring ini adalah untuk mengoptimalkan kedaulatan negara melalui infrastruktur telekomunikasi yang terintegrasi.


Reporter: Febri Kurnia

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS