Home Kesehatan Jamur di Antariksa Bisa Sebabkan Kanker

Jamur di Antariksa Bisa Sebabkan Kanker

817

Jakarta, Gatra.com - Sejumlah jamur telah ditemukan di wahana antariksa bernama mikotoksin. Jamur ini diduga berbahaya bagi manusia.

Mikotoksin dapat menyebabkan berbagai efek kesehatan yang merugikan dan menimbulkan ancaman kesehatan yang serius bagi manusia dan ternak. Efek kesehatan yang merugikan dari mikotoksin berkisar dari keracunan akut hingga efek jangka panjang seperti defisiensi imun dan kanker.

Disinyalir bahwa organisme mikroskopis seperti ini telah menyelinap masuk ke wahana antariksa yang membawa manusia ke Stasiun Antariksa Internasional dan wahana-wahana lainnya di luar angkasa sana.

Meskipun para peneliti telah melakukan penelitian seputar bakteria di antariksa, namun jamur luput diteliti secara mendalam. Hal tersebut karena biasanya jamur mikroskopis hanya menyebabkan gangguan kesehatan pada orang-orang yang sedang dalam keadaan stres atau sistem imunitasnya sedang terganggu.

Sarah de Saeger, ilmuwan farmasi di Universitas Ghent, Belgia menyarankan para agensi antariksa untuk mulai sekarang harus lebih mewaspadai adanya kehadiran mikotoksin di wahana antariksanya.

Secara khusus, Saeger menyarankan bahwa metode baru harus dikembangkan untuk memantau permukaan dan lapisan dalam wahana antariksa.


Reporter: MDS/SPACE.com

Editor: Hendry Roris Sianturi

 

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS