Home Teknologi Ada Gempa di Planet Mars

Ada Gempa di Planet Mars

223

Washington DC, Gatra.com- Robot penyelidikan NASA InSight telah mendeteksi dan mengukur sebuah getaran di planet Mars (marsquake), ini merupakan kali pertama getaran gempa seismologis yang terjadi di Mars.

Dilansir Aljazeera, gempa ini terdetekasi hampir lima bulan setelah InSight, pesawat ruang angkasa pertama yang dirancang khusus untuk mempelajari interior dari planet, mendarat di permukaan Mars untuk memulai misi seismologis dua tahun di Planet Merah tersebut.

Ilmuan Jet Propulsion Laboratory (JPL) mencirikan ada sebuah gempa yang terjadi di Mars, diperkirakan sama dengan gempa berkekuatan 2,5 skala Richter (SR) pada hari ke-128 di Mars.

Getaran tersebut dideteksi oleh seismometer buatan Prancis milik InSight, sebuah instrumen yang cukup sensitif untuk mengukur gelombang seismik hanya setengah dari jari-jari atom hidrogen. "Kami telah mengumpulkan latar belakang informasi hingga saat ini, ini secara resmi memulai bidang baru, yaitu seismologi Mars," kata penyelidik utama InSight Bruce Banerdt.

Para ilmuwan masih memeriksa lebih lanjut data yang diperoleh untuk meyakinkan dan menentukan penyebab pasti dari sinyal yang di dapat.

Misi InSight adalah mengidentifikasi gempa yang terjadi di planet Mars, dengan tujuan untuk membangun gambaran yang lebih jelas tentang struktur interior Mars. Dengan mempelajari Mars pada bagian intinya, InSight bertujuan untuk kembali ke masa lalu dan menjelaskan faktor-faktor apa yang menghasilkan bumi yang penuh kehidupan dan Mars yang sunyi.

"Informasi yang dikumpulkan akan membantu kita untuk memahami evolusi planet di dalam dan di luar tata surya kita," kata peneliti di Institute of Nuclear Sciences di National Autonomous University of Mexico ( UNAM, Rafael Navarro-Gonzalez.

"Tujuan kami adalah untuk menemukan genesis kehidupan kedua, dan kami percaya bahwa Mars adalah tempat kami dapat menemukannya. Dengan cara ini, kami dapat merevolusi biologi dari terestrial ke universal," tambah Navarro-Gonzalez.

 

 

 

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS