Home Kesehatan Ini Dia Tujuh Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

Ini Dia Tujuh Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

4807

New York, Gatra.com – Selama beberapa tahun terakhir, lebih dari 1.500 penelitian memberikan bukti bahwa pohon kelapa baik untuk kesehatan. Beberapa komunitas ilmiah berfokus pada manfaat minyak kelapa dan makanan yang terbuat dari daging kelapa dianggap menjadi salah satu makanan tersehat.

Minyak kelapa ternyata banyak mengandung lemak yang sehat, seperti asam kaprilat (kaprat) dan asam laurat. Saat ini ada dua jenis minyak kelapa yang beredar di pasaran yakni minyak kelapa murni dan minyak kelapa olahan. Tetapi, minyak kelapa olahan tidak direkomendasikan karena mengandung bahan kimia berbahaya.

Meski begitu, bahan-bahan yang dihasilkan dari minyak kelapa murni alami tetap bermanfaat bagi kesehatan. Simak manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari mengonsumsi minyak kelapa yang dilansir dari Medical Daily.

1. Melindungi Ginjal dan Hati

Minyak kelapa menyediakan antibiotik alami yang dapat melawan gejala infeksi ginjal dan melindungi hati dari kerusakan. Selain dari ekstrak minyak, air kelapa juga membantu menghilangkan batu ginjal dan memfasilitasi proses penyembuhan.

2. Mencegah Masalah Kardiovaskular

Minyak kelapa mengandung banyak lemak jenuh alami yang membantu mengubah kolesterol jahat menjadi kolesterol baik. Efek itu terjadi dengan konsumsi harian 2 sendok makan minyak kelapa murni. Manfaat lainnya, memiliki kadar kolesterol baik dalam tubuh mengarah pada kesehatan jantung yang baik dan menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Melawan Kanker

Orang-orang yang memerangi kanker dapat menambahkan minyak kelapa ke dalam makanan mereka karena dapat menawarkan keton dan asam laurat. Kedua zat tersebut dikenal karena efek antikankernya.

4. Meningkatkan Daya Ingat

Sebuah penelitian pada tahun 2004 menunjukkan, bahwa minyak kelapa dapat mengurangi masalah ingatan dan meningkatkan kemampuan daya ingat seseorang. Minyak ini dapat membakar sel-sel otak lebih efisien karena asam lemaknya dapat diserap dengan mudah di dalam tubuh dan dapat diakses di otak tanpa menggunakan insulin.

5. Membantu Meningkatkan Pencernaan

Kelapa membantu tubuh menyerap vitamin, kalsium dan magnesium yang larut dalam lemak yang meningkatkan pencernaan. Minyak kelapa meningkatkan bakteri dan kesehatan usus yang lebih baik, serta menghancurkan bakteri jahat.

6. Mencegah Osteoporosis

Tingginya kadar antioksidan dalam minyak kelapa dapat melawan radikal bebas yang berkontribusi terhadap perkembangan osteoporosis. Manfaat kesehatan minyak kelapa lainnya adalah peningkatan penyerapan kalsium dalam usus yang membantu meningkatkan volume dan struktur tulang, juga menurunkan risiko keropos tulang.

7. Mengurangi Berat Badan

Bagian mengejutkan lain dari daftar manfaat kesehatan minyak kelapa adalah penurunan berat badan. Ini sebenarnya membantu membakar lemak dan kalori, meningkatkan nafsu makan dan memotong lemak perut. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa injeksi tunggal asam kaprat yang ditemukan dalam minyak kelapa dapat menurunkan konsumsi makanan dan hilangnya berat badan secara paralel.

 

 

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS