Home Teknologi Makassar Bakal Datangkan Sophia di F8

Makassar Bakal Datangkan Sophia di F8

614

Jakarta, Gatra.com - Wali Kota Makassar, Ramdhan 'Danny' Pomanto menyebut pihaknya bakal mendatangkan Sophia, robot manusia jenis perempuan pabrikan Hong Kong pada gelaran F8 atau Makassar International Eight Festival and Forum. Danny menjelaskan alasan didatangkannya robot tersebut karena tak ingin F8 monoton hanya dengan menampilkan produk budaya daerahnya saja.

"Ini kultur bertemu teknologi, dalam rangka F8 4.0. Jangan sampai kultur kita tak bisa menjawab (tantangan) dan ditinggalkan kaum milenial nanti," papar Danny selepas peluncuran Calender of Events Sulawesi Selatan 2019 di Balairung Soesilo Soedarman, Gambir, Jakarta Pusat.

Danny menambahkan, teknologi terbaru sudah saatnya dikenalkan ke masyarakat Indonesia. Dengan didatangkannya Sophia ini, ia berharap F8 bakal disorot tak hanya media di Tanah Air, namun juga luar negeri. "(Sophia) itu menjadi media 'catching' dunia. Jadi di manapun Sophia, kamera mengikuti terus. Kita butuh promosi itu," terang Danny.

Nantinya, Sophia bakal diarahkan untuk menari tradisional dan berbicara bahasa daerah Makassar. Tak hanya kemampuan otaknya yang diubah, namun penampilan Sophia juga akan disesuaikan dengan pakaian adat Makassar.

Danny menjelaskan ini kali pertama pihaknya melibatkan robot dalam F8. "Dan bahkan teman-teman mau bikin festival robot internasional. Jadi future robotik festival," jelas Danny.

Soal harga yang dikeluarkan untuk memboyong Sophia, Danny tak merinci nominalnya namun menyebut harga Sophia cukup mahal. Pihaknya bahkan mencari sponsor agar bisa menutup kekurangan biaya tersebut.

"Kita sudah kontak pihak Sophia di Hong Kong. Kita sudah cari sponsor karena cukup mahal. Kalau Sophia datang, Insya Allah beda (dari yang lain). Ini mau booking, tinggal tunggu waktu," kata Danny.

Sebagai informasi, rencananya F8 bakal digelar pada 4-8 September 2019 mendatang di Makassar. Acara yang berjalan selama kurang lebih sepekan itu menampilkan deretan baju, makanan, musik, film, seni lukis, karya tulisan hingga keanekaragaman hayati yang semuanya berasal dari Makassar. 

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS