Home Teknologi Gempabumi Tektonik Guncang Lombok hingga Bali, Tak Berpotensi Tsunami

Gempabumi Tektonik Guncang Lombok hingga Bali, Tak Berpotensi Tsunami

153

Mataram, Gatra.com - Gempabumi tektonik berkekuatan 4,5 SR kembali mengguncang Lombok dan wilayah selatan Bali, Senin (29/4) sekitar pukul 07.42.55 WITA,

Hasil analisa Badan Meteorologi Kilimatologi dan Geofisika (BMKG) menujukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,5. Episenter terletak pada koordinat 9,49 LS dan 116,12 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 88 km barat daya Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 72 km.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto mengungkapkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktifitas subduksi Lempeng Indo-Australia terhadap Lempeng Eurasia.

Gempa ini tak berpotensi menimbulkan tsunami.

”Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Lombok Tengah, Lombok Barat dan Mataram III MMI, Nusa Dua dan Denpasar II MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” kata Agus di Mataram, Senin (29/4).

Agus juga menyatakan getaran gempa dirasakan orang di dalam rumah yang membuat benda digantung bergoyang. Akibat gempa ini belum ada laporan lebih lanjut.

Ditambahkan Agus, kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS