Home Teknologi Agar tidak 'Macet' Jaringan, XL Axiata Tambah Ribuan BTS Jelang Ramadan

Agar tidak 'Macet' Jaringan, XL Axiata Tambah Ribuan BTS Jelang Ramadan

1051

Jakarta, Gatra.com - Operator layanan komunikasi XL Axiata menambah sekitar 2000 Base Transceiver Station (BTS) dengan jaringan 4G menjelang bulan suci Ramadan sampai dengan lebaran nanti. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi kenaikan serta perpindahan traffic menjelang masa mudik nanti.

Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan bahwa penambahan kapasitas serta kualitas jaringan XL Axiata sudah dilakukan di awal tahun 2019.

“Kami sadar tidak bisa melakukan persiapan secara mendadak, maka dilakukan persiapan sejak Januari. Harapannya ketika waktu Ramadan, mudik, serta lebaran, kami sudah siap,” ujarnya saat ditemui di Jakarta (2/5).

Menurutnya pada saat bulan Ramadan dan Lebaran adalah masa yang paling penting selama setahun untuk sebuah operator komunikasi. Hal ini dikarenakan pada masa-masa tersebut, traffic dapat melonjak cukup signifikan dari segi penambahan dan perpindahan.

“Yang biasanya jumlah traffic di Jakarta stabil, diperkirakan akan berubah total pada saat Ramadan, masa mudik, dan lebaran. Maka dari itu XL tidak hanya memperkuat jaringan di kota besar saja, melainkan juga akan melakukan peningkatan kualitas jaringan di daerah-daerah tujuan mudik,” tambahnya lagi.

Selain itu, operator komunikasi ini juga akan melakukan penambahan mobile BTS dengan system automatic routing yang mana sistem ini nantinya akan membantu untuk memperkuat jaringan pada saat perpindahan traffic pengguna jaringan XL Axiata.

Head Customer Experience Management XL Axiata, Ahmad Hamzah juga menjelaskan bahwa penambahan BTS serta mobile BTS, sebagian besar akan berfokus di Pulau Jawa.

“Melihat data tahun kemarin, diperkirakan ada perpindahan traffic sebesar 20% menuju Jawa Tengah dan juga Jawa Timur,” ungkapnya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS